Video Viral Disebut Raja Bahrain Dikawal Robot Raksasa di Dubai, Ini Faktanya

Kompas.com - 15/08/2020, 16:00 WIB
Tangkapan layar video yang menyebut raja bahrain dikawal robot screenshootTangkapan layar video yang menyebut raja bahrain dikawal robot

KOMPAS.com - Sebuah unggahan menampilkan seorang pria yang disebut Raja Bahrain dikawal oleh robot raksasa terekam dalam video berdurasi 30 detik beredar di media sosial pada Jumat (14/8/2020).

Adapun salah satu pengunggahnya yakni akun Twitter resmi Roshan Abeysinghe, @Roshan Cricket.

"King of Bahrain arrives in Dubai with his robot bodyguard fitted 360 with cameras and in built pistols. Technology moving very fast than ever in history. Now politicians might order this too.

( Raja Bahrain tiba di Dubai dengan pengawal robotnya yang dilengkapi kamera 360 dan pistol. Sebuah teknologi yang bergerak sangat cepat dari sebelumnya dalam sejarah. Saat ini, politisi mungkin juga ikut memesannya)."

Twit dan unggahan tersebut kemudian menjadi viral dalam waktu singkat.

Sejauh ini, video itu sudah diretwit dan dikomentari lebih dari 9.700 kali, dan disukai lebih dari 12.900 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: PM Israel: Terima Kasih Mesir, Oman, dan Bahrain

Benarkah informasi tersebut?

Diwartakan oleh News Mobile, Kamis (13/8/2020), pihaknya memeriksa unggahan itu dan menemukan bahwa informasi yang disebar di media sosial mengenai dugaan Raja Bahrain dikawal oleh sebuah robot raksasa adalah informasi yang salah.

Saat menganalisis video, pihak News Mobile mencari petunjuk-petunjuk guna mencari fakta dari video tersebut.

Dalam video, terlihat ada tulisan "ETIMAD" di karpet.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X