INFOGRAFIK: Sejarah Hari Pramuka

Kompas.com - 14/08/2020, 18:29 WIB
Sejarah Hari Pramuka KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoSejarah Hari Pramuka

KOMPAS.com - Hari ini, Jumat (14/8/2020), diperingati sebagai Hari Pramuka.

Pramuka, gerakan kepanduan Indonesia itu menjadi salah satu kegiatan di lembaga pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kegiatan-kegiatannya melatih kreativitas dan kedisiplinan.

Perlu diketahui, gerakan kepanduan sejatinya sudah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia.

Mengutip Harian Kompas, Rabu (14/8/1991), gerakan kepanduan saat itu dibawa oleh bangsa Belanda dan hanya berlaku untuk orang Belanda.

Meski demikian, para pemimpin gerakan politik di Indonesia melihat banyak manfaat positif dari organisasi kepanduan ini, salah satunya sebagai tempat pengkaderan.

Kemudian muncullah sejumlah organisasi kepanduan serupa seperti Jong Java Padvenderij (JJP), Hizbul Wathon, Sarekat Islam Afdeling Padvenderij (SIAP) ataupun Surya Wirawan.

Melihat perkembangan itu, Presiden pertama RI Soekarno membuat konsep untuk menyatukan organisasi-organisasi kepanduan itu pada 9 Maret 1961.

Mari simak sejarah Pramuka dalam infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Sejarah Hari Pramuka


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X