Syarat dan Cara Registrasi Ulang SBMPTN 2020 di UI dan Undip

Kompas.com - 14/08/2020, 18:24 WIB
Peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPeserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di SMA Negeri 3 Jakarta Selatan, Setiabudi, Selasa (7/7/2020). UNJ sebagai salah satu Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan ujian dalam dua tahap yakni pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan 20-27 Juli 2020 dengan jumlah total peserta sebanyak 42.463 orang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

KOMPAS.com - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2020 sudah bisa dilihat di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada hari ini, Jumat (14/8/2020).

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 pada 85 PTN di Indonesia sebanyak 167.653 orang.

Para peserta yang lulus ini merupakan hasil seleksi dari pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-SBMPTN 2020 yang tecatat 702.420 orang.

Rinciannya, terdiri atas pendaftar non-Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 546.370 orang, dan pendaftar pemilik nomor pendaftaran KIP Kuliah sebanyak 156.050 orang.

Peserta SBMPTN 2020 yang lolos sebagai calon mahasiswa baru diwajibkan melakukan registrasi ulang.

Nah, bagi Anda yang lulus di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Diponegoro (Undip), berikut tata cara melakukan registrasi ulang SBMPTN 2020:

Universitas Indonesia (UI)

Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2020 yang telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa UI, bisa melakukan tahapan sebagai berikut:

Tahap I: Pengisian Data dan Pra-Registrasi

  • Calon mahasiswa baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN harap login pada laman penerimaan.ui.ac.id dan pastikan anda telah mengetahui NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) agar dapat melanjutkan ke tahap Pra-Registrasi pada tanggal 14-23 Agustus 2020.
  • Pra-registrasi dilakukan pada halaman pra-registrasi.ui.ac.id, Login dengan memasukkan NPM yang telah diperoleh dan pilihan Program Studi.
  • Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai.

Dokumen yang harus Anda siapkan dan pindai (scan) dan dismpan dalan format pdf adalah:

  • Kartu Tanda Pengenal (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah, atau Surat Keterangan Lulus ditandatangan Kepala Sekolah atau Dekan, atau Surat Verifikasi dari Universitas Indonesia;
  • Bila berasal dari lembaga pendidikan luar negeri, siapkan juga Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi;
  • Kartu BPJS Kesehatan, jika sudah memiliki;
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Mendownload Surat Pernyataan (yang di-generate oleh sistem) untuk ditandatangani di atas Materai

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengisi formulir Pra-Registrasi

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X