Segala Hal yang Perlu Kita Ketahui soal Pentingnya Penggunaan Masker

Kompas.com - 14/08/2020, 10:10 WIB
Sejumlah warga mengenakan masker di jalanan Hong Kong. Pemakaian masker kini diwajibkan di seluruh ruang publik. Foto diambil 24 Juli 2020. Yung Chi Wai Derek / Shutterstock.comSejumlah warga mengenakan masker di jalanan Hong Kong. Pemakaian masker kini diwajibkan di seluruh ruang publik. Foto diambil 24 Juli 2020.

KOMPAS.com - Association of American Medical Colleges (AAMC) merilis panduan menggunakan masker, Rabu (12/8/2020).

AAMC adalah sebuah asosiasi nirlaba yang mewakili semua sekolah kedokteran AS dan Kanada yang terakreditasi, rumah sakit pendidikan, sistem kesehatan, dan perkumpulan akademis.

Melansir CNN, Rabu (12/8/2020), Direktur eksekutif AAMC Dr. Atul Grover mengungkapkan panduan itu bertujuan memberikan panduan bagi semua orang di seluruh negeri dengan pendekatan terpadu soal memakai masker wajah.

Selain itu, memperbaiki pesan yang sering bertentangan dan informasi yang salah.

Menurut Grover, hingga vaksin ditemukan, pencegahan adalah kunci untuk mengurangi dampak pandemi virus corona. Grover mengatakan, masker wajah melindungi semua orang.

"Jika Anda memakai masker dan orang-orang di sekitar Anda memakainya, kami telah melihat bahwa penularan mungkin turun di kisaran 90 persen lebih, yang merupakan peluang cukup bagus," kata dia.

Baca juga: Malaysia Berlakukan Denda Rp 3,4 Juta bagi yang Tak Pakai Masker

Jenis masker

Masker apa yang sebaiknya dipakai? Menurut pedoman tersebut, masker harus menutupi hidung dan mulut.

Selain itu, harus dipasang dengan baik untuk meminimalkan celah di sekitar hidung dan dagu.

Masker kain harus memiliki setidaknya dua lapisan, bahkan tiga lapisan bila memungkinkan.

Masker yang dilipat longgar dan masker bergaya bandana lebih baik daripada tidak ada penutup. Tapi masih memungkinkan tetesan pernapasan aerosol terkecil masuk.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X