Penjelasan BMKG soal Wilayah yang Mulai Diguyur Hujan dan Masih Musim Kemarau

Kompas.com - 13/08/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi berkendara musim hujan adiraclubmember.comIlustrasi berkendara musim hujan

KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan sejak awal Agustus ini.

Selain DKI Jakarta, wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sejumlah wilayah lain di Jawa Tengah juga mengalami hujan deras, terutama pada siang atau malam hari.

Apakah saat ini sudah mulai memasuki musim hujan, mengingat beberapa wilayah masih mengalami kemarau?

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG)  Indra Gustari menjelaskan, musim kemarau dan musim hujan di Indonesia terjadi tidak serentak.

"Analisis kami terhadap data hujan, menunjukkan bahwa iklim di Indonesia tidak seragam. Demikian juga, musim kemarau dan musim hujan," kata Indra kepada Kompas.com, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Berikut Daftar Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat akibat Siklon Tropis Nuri

Saat di sebagian besar daerah di selatan ekuator (Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua bagian Selatan) berada pada puncak musim hujan, sebagian daerah Sumatera bagian utara mulai memasuki musim kemarau.

Sebaliknya, saat musim kemarau di wilayah yang berada di selatan ekuator mencapai periode-periode puncaknya (Juni-Juli-Agustus), di sebagian sebagian Sulawesi bagian tengah, Maluku, Papua bagian barat sedang mengalami puncak musim hujan. 

Sudah musim hujan

Indra menjelaskan, daerah yang sudah musim hujan saat ini adalah sebagian daerah di Sumatera bagian utara.

Sementara itu, meski daerah lainnya sudah hujan, bukan berarti sudah masuk musim hujan. Menurut dia, yang terjadi saat ini adalah hal yang biasa terjadi.

Hujan turun beberapa hari saat musim kemarau (wet spell) dan sebaliknya, ada beberapa hari kering pada musim hujan (dry spell).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X