Mengenal Tanaman Pembersih Udara yang Kuat Serap Polusi

Kompas.com - 13/08/2020, 05:30 WIB
Ilustrasi tanaman hias lidah mertua (Sansevieria trifasciata). Ilustrasi tanaman hias lidah mertua (Sansevieria trifasciata).

KOMPAS.com - Sebuah unggahan di Twitter tentang tanaman pembersih udara menjadi perbincangan warganet pada Selasa (11/8/2020).

Dalam unggahan akun @dr_koko28, disebutkan dia berkirim pesan dengan temannya di Singapura dan mendapatkan saran terkait kebersihan udara.

Saran itu yakni agar membuka jendela, membuka pintu, menanam tanaman pembersih udara, dan mengganti AC dengan kipas angin.

Berikut narasinya:

"Berkirim pesan ke sohibku di Singapura. Buka jendela. Buka pintu. Tanam tanaman pembersih udara. Ganti AC dengan Kipas Angin.
Cuaca agak hangat? Itu jauh lebih baik ketimbang sakit. Opsi ini bagai Bumi & Langit."

Utas itu lalu ditanggapi salah satu warganet:

" Tanaman pembersih udara contohnya apa?"

 

Penjelasan ahli pertanian

Ahli Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Aziz Purwantoro, menjelaskan secara umum tanaman menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida.

Akan tetapi, tanaman pembersih udara bisa menyerap lebih banyak.

"Semua tanaman menyerap karbon dioksida untuk respirasinya. Tanaman pembersih udara itu dapat menyerap polutan udara seperti hasil knalpot logam berat dan lain-lain," kata Aziz saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X