Mengenal Happy Hypoxia, Kadar Oksigen Rendah yang Bisa Menyerang Pasien Covid-19

Kompas.com - 12/08/2020, 19:49 WIB
Ilustrasi pneumonia atau radang paru-paru britannica.comIlustrasi pneumonia atau radang paru-paru

KOMPAS.com - Sebuah unggahan bersisikan informasi mengenai kondisi pasien positif Covid-19 dengan kadar oksigen rendah ramai dibicarakan di media sosial.

Awalnya, akun Twitter @edralynn mengunggah foto rontgen paru-paru pasien positif virus corona beserta keterangan medis mengenai foto tersebut.

Berikut narasi unggahan tersebut:

“Nggak kemana-mana dok, cuma nongkrong sama temen2nya aja.”

“Nggak ada batuk pilek dok, cuma tiba2 sesak aja.”

Pasien sadar, RR 50, spo2 40% tanpa support O2, bagging mentok di 70%.

Masih mau bilang ngga “semenyeramkan” itu?" tulis @edralynn.

Baca juga: Sejumlah Pasien Covid-19 Alami Happy Hypoxia, Apa Itu?

Akun tersebut kemudian menjelaskan kondisi pasien dalam cuitan selanjutnya. Berikut isi cuitannya: 

Sejujurnya ya baru kali ini aku nemuin pasien dengan kadar oksigen 40% dalam tubuh & pasiennya MASIH SADAR. Logikanya, kalo udah tinggal segitu, organ2 vital seperti otak udah nggak akan dapet oksigen dan pasien ngga sadar. Ini yang dinamakan happy hypoxia syndrome. Khas covid.

Cuitan tersebut diunggah pada Selasa (11/8/2020). Hingga Rabu (12/8/2020) pukul 17.55 WIB, cuitan dari @edralynn di-retweet 12,7 ribu warganet dan mendapatkan 14 ribu likes.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X