Ramai soal Beasiswa LPDP Veronica Koman, Apa Kewajiban dan Larangan Penerimanya?

Kompas.com - 12/08/2020, 17:09 WIB
Website resmi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dok. LPDPWebsite resmi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

 

KOMPAS.com - Kata kunci atau tanda pagar Veronica Koman dan LPDP ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Hingga Rabu (12/8/2020) pukul 15.30, ada lebih dari 15.000 twit yang membicarakan kata kunci ini.

Melansir Kompas TV, Rabu (15/8/2020), pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan meminta aktivis HAM, Veronica Koman mengembalikan beasiswa LPDP yang sempat diterimanya saat menempuh jenjang pendidikan di Australia.

Alasannya, ia dianggap tidak mematuhi ketentuan untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan masa studi. 

Setelah itu, Veronica Koman LPDP pun ramai dibahas oleh warganet, mulai dari cerita-cerita penerima beasiswa hingga syarat dan kewajiban sebagai penerima beasiswa.

Baca juga: Sri Mulyani: Saya Terharu 205 Penerima Beasiswa LPDP Berperan Menangani Covid-19

Lantas, apa sebenarnya beasiswa LPDP?

Mengutip Buku Panduan Calon Penerima Beasiswa dan Penerima Beasiswa LPDP, beasiswa LPDP merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan.

Beasiswa ini bertujuan menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter pemimpin, profesional, saintis, dan teknokrat.

Penerima beasiswa berhak menerima dana studi dengan komponen dan besaran sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Utaa LPDP setelah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

Sejarah

Mengutip web LPDP, beasiswa ini dilatarbelakangi saat Pemerintah dan DPR RI pada tahun 2010 melalui UU Nomor 2 tahun 2010 tentang APBN-P 2010 menyepakati bahwa sebagian dana dari alokasi dana fungsi pendidikan dalam APBN-P tersebut dijadikan sebagai Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

Dana ini dikelola dengan mekanisme pengelolaan dana abadi (endowment fund) oleh sebuah Badan Layanan Umum (BLU).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X