Mengenal Kamala Harris, Cawapres yang Akan Dampingi Joe Biden Lawan Donald Trump

Kompas.com - 12/08/2020, 14:03 WIB
Senator Partai Demokrat asal California, Kamala Harris. (AFP/MARK RALSTON) Senator Partai Demokrat asal California, Kamala Harris. (AFP/MARK RALSTON)

KOMPAS.com - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, resmi memilih Kamala Harris sebagai calon wakil presidennya.

Terpilihnya Harris mengakhiri spekulasi panjang mengenai cawapres yang akan digandeng Biden untuk melawan calon presiden AS petahana Donald Trump, saat pemilihan presiden AS pada 3 November 2020.

Biden mengumumkan keputusannya ini melalui akun Twitternya, Selasa (11/8/2020) sore waktu setempat.

“Saya memiliki kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih Kamala Harris sebagai cawapres. Kamala adalah pejuang yang tak kenal takut bertarung untuk kepentingan rakyat kecil dan salah satu pelayan rakyat terbaik,” tulis Biden.

Siapa Kamala Harris?

Keturunan India-Afro-Amerika

Melansir Britannica, Rabu (12/8/2020), Kamala Harris lahir dengan nama lengkap Kamala Devi Harris pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California, AS.

Dia adalah seorang politisi perempuan dari Partai Demokrat yang terpilih sebagai anggota Senat AS, mewakili California pada 2016.

Dia adalah keturunan India-Amerika pertama yang menduduki posisi ini, sekaligus menjadi perempuan Afro-Amerika kedua yang menjadi anggota Senat.

Sebelumnya, Harris menjabat sebagai Jaksa Agung negara bagian California, pada 2011-2017.

Ayah Harris adalah seorang pria Jamaika yang mengajar di Stanford University, sementara ibunya adalah seorang peneliti kanker dan merupakan putri dari seorang diplomat India.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X