Amonium Nitrat Sebabkan Ledakan Lebanon, Negara Mana yang Masih Menyimpan?

Kompas.com - 11/08/2020, 20:25 WIB
Situasi di Beirut usai terjadi ledakan besar di gudang amonium nitrat, Rabu (5/8/2020). EPA/WAEL HAMZEH via BBC INDONESIASituasi di Beirut usai terjadi ledakan besar di gudang amonium nitrat, Rabu (5/8/2020).

KOMPAS.com - Ledakan hebat di Beirut, Lebanon minggu lalu telah menyita perhatian dunia di tengah pandemi virus corona yang terjadi.

Ledakan yang menghancurkan pelabuhan Beirut tersebut disebutkan lantaran ribuan ton amonium nitrat yang tersimpan di sebuah gudang di pelabuhan.

Peristiwa ini pun memunculkan pertanyaan tempat penyimpanan bahan kimia tersebut selain di Beirut.

Melansir BBC, setidaknya lima negara lain tercatat juga menyimpan amonium nitrat. Yaitu di India, Yaman, Irak, Australia, dan Inggris.

Baca juga: Ada 2.750 Ton Amonium Nitrat di Lokasi Ledakan Beirut, Lebanon

India

Hampir sebanyak 740 ton amonium nitrat tersimpan di 37 peti kemas. Peti kemas ini berjarak 700 meter atau setengah mil dari daerah pemukiman, sekitar 20 km di luar Chennai, salah satu kota besar di India.

Dikabarkan, amonium nitrat ini telah tersimpan selama lima tahun.

Pihak berwenang di negara bagian selatan Tamil Nadu telah mengambil langkah secara hukum untuk melawan perusahaan yang menyimpan bahan pembuatan pupuk atau peledak ini.

Perusahaan penyimpan amonium nitrat ini melakukan impor dari Korea Selatan, dengan tujuan pertanian pada 2015. Tapi, bea cukai menolak impor tersebut.

Investigasi pun dilakukan dan mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki substansi di bawah lesensi yang tidak valid dan menjualnya ke pihak swasta yang bergerak di bidang pertambangan.

Sebagian kecil bahan kimia dibuang setelah rusak akibat banjir yang berlangsung pada 2015.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X