127.083 Kasus Covid-19 di Indonesia dan Kewaspadaan Kita...

Kompas.com - 11/08/2020, 15:05 WIB
Sejumlah petugas tengah memberikan pelayanan kepada warga di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Kemayoran, Jakarta. Kogabwilhan ISejumlah petugas tengah memberikan pelayanan kepada warga di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Kemayoran, Jakarta.

KOMPAS.com - Kasus-kasus baru virus corona masih terus dikonfirmasi terjadi setiap harinya di Indonesia.

Data terakhir, hingga Senin (10/8/2020), ada 1.687 kasus baru Covid-19 yang dilaporkan sehingga total kasus menjadi sebanyak 127.083.

Kasus-kasus ini datang dari berbagai latar belakang, mulai dari dokter hingga siswa sekolah.

Berdasarkan catatan terbaru dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), hingga Selasa (4/4/2020) lalu, terdapat 74 dokter dari seluruh Indonesia yang dilaporkan meninggal akibat positif dan suspek Covid-19.

Selain bekerja dalam lingkungan berisiko tinggi tertular Covid-19, para dokter juga rentan mengalami stres dan kelelahan dengan terus bertambahnya jumlah pasien. 

Padahal, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menghadapi pandemi virus corona ini.

Masyarakat harus terus waspada

Menurut Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, kondisi ini menunjukkan masih tingginya kasus infeksi di tengah masyarakat.

"Masih terus adanya kasus kesakitan dan kematian pada tenaga medis merupakan wujud masih tingginya kasus infeksi di masyarakat, yang artinya masyarakat harus disiplin dalam melakukan upaya pencegahan," kata Dicky kepada Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Selain itu, Dicky menyebut bahwa mereka yang datang ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya hanya sebagian kecil dari kasus infeksi yang terjadi.

"Karena pada umumnya, yang datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi mengalami keluhan. Riset menemukan 1 dari 5 penderita Covid-19 yang datang ke rumah sakit", jelasnya.," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X