WHO Usahakan agar Distribusi Vaksin Corona Merata, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 11/08/2020, 06:27 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock) Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock)

KOMPAS.com - Vaksin virus corona menjadi harapan di tengah pandemi Covid-19, di mana saat ini kasus penyebaran di seluruh dunia masih terus bertambah.

Kendati begitu, vaksin pertama di dunia kemungkinan belum dapat tersedia sebelum akhir tahun ini.

Selain percepatan pengembangan vaksin, pendistribusiannya juga menjadi salah satu fokus penting yang diperhatikan.

Melansir indiatimes, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah mengawasi pengembangan vaksin dan berupaya membuat pendistribusiannya merata.

Sehubungan dengan hal ini, dalam arahan terbarunya, WHO mengundang negara-negara di seluruh dunia untuk menjadi bagian dari COVAX, dengan tujuan untuk mempercepat pengembangan vaksin corona.

Aliansi internasional, COVAX, yang diluncurkan pada akhir April dibentuk untuk memproduksi, melakukan penggalangan dana, menerima masukan dari para ahli, serta mengawasi kemajuan calon vaksin sesuai standar.

Dari calon-calon vaksin yang saat ini dikembangkan, setidaknya lima vaksin berada di urutan terdepan. Vaksin-vaksin tersebut dibuat oleh Moderna Therapeutics Inc., CanSino Biologics, Pfizer-BioNTech, dan perusahaan yang didukung Oxford-AstraZeneca.

Baca juga: Lima Bulan PSBB, Berat Badan Naik, Uji Klinis Vaksin Dilakukan

Apa yang dilakukan COVAX?

COVAX tengah bekerja untuk menandatangani pakta dan perjanjian dengan kelompok peneliti yang terlibat dalam pembuatan kandidat vaksin.

Menurut WHO, kemungkinan hal tersebut akan berhasil. Dengan begitu, aliansi ini akan membantu menyediakan fasilitas berupa pendanaan, lokasi pengujian, hingga percepatan produksi.

Sehingga setelah vaksin siap diluncurkan, vaksin dapat diproduksi secara masal untuk memasok ketersediaannya ke seluruh penjuru dunia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X