Pengumuman SBMPTN 14 Agustus, Apa yang Dilakukan Peserta Setelah Itu?

Kompas.com - 10/08/2020, 14:02 WIB
Tangkapan layar web LPMPT mengenai Pengumuman SBMPTN 2020 screenshootTangkapan layar web LPMPT mengenai Pengumuman SBMPTN 2020

KOMPAS.com - Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) akan dilakukan pada 14 Agustus 2020.

Jadwal pengumuman tersebut dipercepat dari rencana sebelumnya pada 20 Agustus 2020. 

Sebagai informasi, seleksi SBMPTN 2020 dilakukan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dengan kriteria lain yang ditetapkan PTN.

Dalam data resmi, terlihat bahwa tidak seluruh peserta UTBK hadir mengikuti tes. Dari 713.230 total peserta, yang hadir saat tes sebanyak 662.404 peserta.

Sementara itu, Lembaga Tes Masuk Pergutuan Tinggi ( LTMPT) telah menyiapkan laman utama dan 12 laman mirror yang dapat diakses peserta untuk melihat hasil pengumuman SBMPTN.

Apa yang harus dilakukan peserta setelah lolos?

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, peserta yang lolos tes wajib melakukan registrasi ke masing-masing PTN yang dipilih. 

"Setelah peserta dinyatakan lulus, harus melakukan registrasi ke masing-maing PTN yang menerima untuk melakukan verifikasi," kata Budi saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/8/2020) siang.

Budi menegaskan, peserta harus memenuhi persyaratan registrasi yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN.

"Jadi kalau misal tidak memenuhi syarat, maka bisa tidak lolos registrasi," ujar dia.

Selain itu, peserta juga diimbau agar waspada terhadap upaya penipuan atau tawaran dari oknum yang menjanjikan kelolosan dan meminta sejumlah uang.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Negeri yang Buka Jalur Mandiri dan Link-nya

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X