Analisis BMKG soal Gempa Magnitudo 3,5 yang Guncang Kabupaten Bogor Malam Ini

Kompas.com - 09/08/2020, 21:39 WIB
Data BMKG soal gempa yang mengguncang Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/8/2020). BMKGData BMKG soal gempa yang mengguncang Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/8/2020).

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 3,5 mengguncang wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (9/8/2020) pukul 18.52 WIB.

Dari hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) episenter gempa berada pada koordinat 6,63 LS dan 107,02 BT tepatnya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Sumber gempa disebut berada pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar lokal yang aktif di wilayah tersebut,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (9/8/2020) malam.

Baca juga: Ada 244 Kali Gempa Selama Lima Hari di Pulau Sumba, Ini Imbauan BMKG

Informasi gempa juga disampaikan BMKG melalui akun resminya @infoBMKG

Gempa dirasakan di wilayah Bogor dan Cianjur Utara dalam skala intensitas III MMI di mana guncangan dirasakan seolah-olah ada truk yang berlalu.

Selain itu, gempa juga dirasakan lemah di wilayah Depok dan sebagian Jakarta dengan skala intensitas II MMI.

Guncangan dirasakan beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya kerusakan sebagai dampak gempa,” kata Daryono.

Baca juga: Sumba Diguncang 112 Kali Gempa sejak 5 Agustus, Apa yang Terjadi?

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak khawatir berlebihan.

Ia menyebutkan, di lokasi episenter gempa tidak terdapat sumber gempa yang berpotensi memicu terjadinya gempa berkekuatan lebih besar

Untuk memantau perkembangan gempa bumi yang terjadi, masyarakat dapat mematau melalui informasi resmi BMKG  melalui media sosial (Instagram/Twitter @infoBMKG).

Informasi terkini bisa pula dipantau melalui website http://www. bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id

Anda juga bisa mengunduh aplikasi wrs-bmkg atau infobmkg melalui Mobile Apps (IOS dan Android).

Baca juga: Fakta dan Update tentang Gempa di Sumba Barat Daya


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X