7 Seleb TikTok dengan Penghasilan Terbesar di Dunia, Siapa Saja?

Kompas.com - 08/08/2020, 10:55 WIB
ilustrasi TikTok reuters.comilustrasi TikTok

KOMPAS.com - Setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan niatnya untuk melarang penggunaan aplikasi berbagi video TikTok pada pekan lalu, sejumlah protes bermunculan.

Salah satunya datang dari Addison Rae Easterling. Perempuan berusia 19 tahun ini berada di peringkat teratas daftar seleb TikTok dengan penghasilan terbesar di dunia versi Forbes.

Mengetahui rencana Trump melarang TikTok, Easterling kemudian meresponnya dengan mengunggah video singkat yang menceritakan gambaran kehidupannya bila TikTok benar-benar dilarang.

Dia membayangkan dirinya kembali ke kampusnya, Louisiana State University (LSU), dan meneruskan studinya di jurusan jurnalistik broadcast. Hidup sebagai mahasiswa biasa.

"TikTok adalah alasan mengapa aku bisa berada di titik ini sekarang," kata Easterling.

Easterling bukanlah satu-satunya anak muda yang berhasil meraih ketenaran, juga kekayaan, lewat aplikasi yang juga populer di Indonesia ini.

Selain Easterling, Forbes mencatat ada enam anak muda lainnya yang juga tercatat sebagai seleb TikTok dengan penghasilan terbesar di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka mengumpulkan sedikitnya 1 juta dollar dalam waktu satu tahun.

Sebagian besar penghasilan mereka datang dari usaha kreatif untuk memonetisasi ketenaran mereka, terutama melalui penjualan brand merchandise, dan juga kerja sama dengan brand besar, seperti Sony, Chipotle dan Revlon.

Baca juga: Mengenal TikTok, Aplikasi yang Akan Dilarang Trump

Siapa saja mereka? Berikut tujuh seleb TikTok dengan penghasilan tertinggi di dunia, dilansir dari Forbes, Sabtu (8/8/2020):

1. Addison Rae Easterling

@addisonre

 

? Whip It Like This - rapidsongs

Setahun yang lalu, Easterling baru saja menetap di LSU dan membuat video dance di TikTok.

Gerakannya yang begitu luwes menunjukkan latar belakang Easterling yang pernah menjadi dancer kompetitif saat masih belia.

Dia berhasil meraih jutaan penggemar pada musim gugur. Easterling ingat hari itu dengan persis, 27 Oktober 2019, ketika ia mulai dikenali di seantero kampus

“Nama saya akan dipanggil ketika saya berjalan ke kelas, itu sangat mengejutkan,” kenang Easterling.

Ia juga sering mendapat ajakan untuk berfoto bersama dari anggota klub sepak bola LSU.

Berkat ketenarannya di TikTok, dengan 54,1 juta followers, Easterling berhasil membukukan pendapatan sekitar 5 juta dollar AS atau setara Rp 73,5 miliar tahun lalu.

Ia juga memiliki lini bisnis make up Item Beauty, dan juga kerja sama dengan American Eagle, dan Spotify.

Bersama sejumlah rekan sesama seleb TikTok, Easterling terlibat dalam terbentuknya Hype House, wadah bagi content creator untuk memasarkan profil mereka lebih luas.

Baca juga: Mengapa TikTok Begitu Digandrungi dan Bahkan Membuat Kecanduan?

2. Charli D'Amelio

@charlidamelio

dc @sheafreak4jb1

? Not The Thermometer Slow Version - _.editedsounds

Charli pertama kali mengunggah videonya di TikTok pada Juni 2019. Beberapa videonya kemudian viral dan mengundang banyak follower.

Tidak berselang lama, penyanyi Bebe Rexha kemudian mengundang Charli untuk bergabung dengannya pada pembukaan konser Jonas Brother di Barclay Center, Brooklyn.

Setelah itu, ia meninggalkan rumahnya di Norwalk, Connecticut dan hijrah ke Los Angeles. Ia menjadi bintang tamu di sejumlah acara TV, dan menggandeng sejumlah brand ternama seperti EOS Cosmetics.

Halaman:

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.