Kebakaran di ICU Rumah Sakit di India, 8 Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

Kompas.com - 06/08/2020, 16:11 WIB
Ilustrasi kebakaran SHUTTERSTOCKIlustrasi kebakaran
Penulis Jihad Akbar
|

KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di intensive care unit (ICU) sebuah Rumah Sakit Shrey di Kota Ahmedabad, Gujarat, India, pada Kamis (6/8/2020).

Dilansir dari Aljazeera, kebakaran tersebut mengakibatkan delapan orang pasien positif virus corona yang sedang dirawat meninggal dunia.

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.00 pagi waktu setempat.

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu setengah jam untuk mengatasi kobaran api.

Baca juga: Ledakan di Lebanon akibat Amonium Nitrat, Apa Dampaknya bagi Kesehatan?

APD terbakar

Kepala petugas pemadam kebakaran setempat, Rajesh Bhatt, mengatakan kebakaran dimulai saat alat pelindung diri (APD) seorang tenaga medis terbakar.

Akan tetapi, ia tak mejelaskan lebih jauh peyebab APD tersebut terbakar.

"Seorang staf yang APD-nya terbakar berlari keluar dari bangsal untuk memadamkannya, tetapi api menyebar dengan cepat ke seluruh bangsal," kata Rajesh Bhatt.

Kini, penyelidikan atas kebakaran itu tengah dilakukan pihak kepolisian. Sementara, sebanyak 35 pasien di ruang ICU tersebut dipindahkan ke rumah sakit lain.

Kebarakan di rumah sakit yang menewaskan delapan pasien positif virus corona itu turut menjadi perhatian Perdana Menteri India Narendra Modi.

"Sedih dengan kebakaran rumah sakit yang tragis di Ahmedabad. Belasungkawa kepada keluarga yang berduka... Pemerintah menyediakan semua bantuan yang mungkin untuk korban," tulis Modi di akun Twitternya.

Halaman:

Sumber Aljazeera
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X