Dibandingkan Hiroshima, Ledakan di Lebanon Lebih Mirip dengan Halifax

Kompas.com - 05/08/2020, 15:35 WIB
Ledakan Halifax di Kanada 1917 George Grantham Bain/Library of CongressLedakan Halifax di Kanada 1917

KOMPAS.com - Pada suatu pagi di musim gugur, tepatnya 6 Desember 1917, di tengah kecamuk Perang Dunia I, dua buah kapal bertabrakan di pelabuhan Halifax, Nova Scotia, Kanada.

Salah satu dari kedua kapal itu mengangkut amunisi. Benturan kedua kapal kemudian memicu serangkaian ledakan sekitar pukul 9 pagi waktu setempat.

Bencana itu, diukur dengan skala kiloton, tercatat sebagai ledakan terbesar yang disebabkan manusia. Peristiwa yang dikenang sebagai Ledakan Halifax itu hanya bisa dikalahkan oleh bom atom, dalam hal kedahsyatan.

Akibat ledakan itu, Kanada mencatat 1.963 orang tewas, sementara 9.000 orang terluka dan 6.000 lainnya kehilangan tempat tinggal. Bangunan dalam radius 500 meter dari ledakan rata dengan tanah.

Melansir Forbes, Rabu (5/8/2020) ledakan dahsyat mengguncang Pelabuhan Beirut pada Selasa, 4 Agustus 2020.

Belum bisa dipastikan barang apa saja yang tersimpan di gudang pelabuhan, hingga dapat mengakibatkan ledakan begitu dahsyat. 

Dugaan awal menyebut, ledakan disebabkan bahan pembuat pupuk, atau juga gandum.

Sementara itu, pernyataan resmi dari pihak keamanan Lebanon mengindikasikan bahwa ledakan disebabkan bahan yang mudah meledak yang disita dan disimpan di gudang.

Baca juga: Bagaimana Cara Amonium Nitrat dapat Menciptakan Ledakan di Beirut?

Bencana dahsyat

Gubernur Beirut Marwan Abboud, dilaporkan menyebut ledakan ini sebagai bencana nasional setara Hiroshima, kota tempat bom atom dijatuhkan di Jepang.

Perbandingan ini menjelaskan kedahsyatan bencana ini, namun juga mengaburkan penyebab pasti dari ledakan, dan awan berbentuk jamur yang muncul seusai ledakan.

Halaman:

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X