Ini Instruksi Presiden Lebanon Pasca-ledakan Hebat di Beirut

Kompas.com - 05/08/2020, 14:21 WIB
Presiden Lebanon Michel Aoun. AFP / MAXIM SHEMETOVPresiden Lebanon Michel Aoun.

KOMPAS.com - Ledakan hebat terjadi pada Selasa (4/8/2020) petang di kawasan pelabuhan yang ada di ibu kota Lebanon, Beirut.

Akibat ledakan yang berasal dari gudang penyimpanan amonium nitrat sebanyak ribuan ton itu, dilaporkan 100 orang tewas dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Atas kejadian itu, Presiden Lebanon Michel Aoun menyampaikan sejumlah instruksi dan perkembangan di negaranya melalui akun Twitter @LBpresidency.

Berikut ini sejumlah hal yang dicuitkan Aoun, sejak Selasa (4/8/2020) malam hingga Rabu (5/8/2020) pagi.

Ucapan dukacita dari negara sahabat

Ledakan yang mengguncang seluruh kawasan Beirut ini mengundang duka bukan hanya dari dalam negeri masyarakat Lebanon, melainkan juga dunia internasional.

Banyak di antara pemimpin-pemimpin negara dunia menyampaikan ungkapan dukacita dan keprihatinan mendalam langsung kepada Aoun.

Mulai dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang menghubungi Aoun via telepon dan menyampaikan dukacita bagi para korban ledakan. Ini menunjukkan solidaritas yang dimiliki kedua negara.

Baca juga: Ledakan di Beirut, Ini Analisis Pakar Penjinak Bom terkait Penyebabnya

Panggilan untuk menyampaikan hal serupa juga datang dari Presiden Perancis Emmanuel Macron, Presiden Irak Barham Salih, dan Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani.

Perancis dan Irak menunjukkan solidaritasnya kepada Lebanon dengan menawarkan bantuan untuk menolong pemulihan kondisi atau penanganan korban, berupa apa pun yang negaranya mampu lakukan.

Qatar pun menawarkan hal yang sama, dengan tangan terbuka mereka akan membantu Lebanon melalui kondisi ini.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X