Heboh soal Ledakan di Beirut, Lebanon, di Manakah Persis Beirut dan Seperti Apa Kotanya?

Kompas.com - 05/08/2020, 08:09 WIB
Ledakan besar di pelabuhan Beirut, Lebanon dirasakan hingga Siprus yang berjarak hingga 200 kilometer screenshootLedakan besar di pelabuhan Beirut, Lebanon dirasakan hingga Siprus yang berjarak hingga 200 kilometer

KOMPAS.com - Sebuah ledakan besar dilaporkan terjadi di ibu kota Lebanon, Beirut, Selasa (4/7/2020) petang waktu setempat.

Dilansir New York Times, Selasa (4/8/2020), setidaknya 78 orang tewas dan 4.000 orang luka-luka akibat ledakan tersebut.

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 ton amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjadi penyebab insiden.

Ledakan menyebabkan fasilitas kesehatan rusak parah, menghantam pantai, dan berada di dekat bangunan penting.

Sebuah video yang diposting di internet menunjukkan orang-orang terluka di tengah debu dan puing-puing.

Baca juga: Ledakan di Beirut, Lebanon Disinyalir Berasal dari 2.750 Ton Amonium Nitrat, Apa Itu?


Lokasi ledakan dan terdampak

Dilaporkan terdapat dua kali ledakan. Ledakan terjadi di sebuah gedung tinggi bernama Beirut Port Silos, tepatnya di sebuah bangunan yang diidentifikasi sebagai gudang di peta.

Ledakan itu terdengar dan dirasakan hingga ke Siprus, jaraknya lebih dari 100 mil dari Beirut.

Sementara itu rumah sakit yang terdampak adalah Rumah Sakit St. George di Beirut tengah. Kerusakannya begitu parah sehingga rumah sakit harus ditutup dan mengirim pasien ke tempat lain.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Serangan Bom di Kereta Guncang Madrid, 193 Orang Tewas, Ribuan Luka-luka

Lusinan pasien dan pengunjung terluka oleh puing-puing yang jatuh dan kaca yang beterbangan.

Ledakan menghantam bagian utara, yaitu tepi laut industri Beirut. Letaknya kurang lebih 1 mil dari istana Grand Serail, tempat perdana menteri Lebanon berpusat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X