Daftar 29 Negara yang Telah Membuka Sekolah di Masa Pandemi Corona

Kompas.com - 05/08/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi pembukaan sekolah kembali DOK. PIXABAYIlustrasi pembukaan sekolah kembali

KOMPAS.com - Sejak pandemi virus corona berlangsung, negara-negara di dunia melakukan pembatasan di berbagai kegiatan untuk menahan penyebaran virus.

Salah satu sektor yang terdampak adalah pendidikan, dimana ratusan negara menutup sekolah-sekolah tatap muka selama pandemi.

Melansir data dari laman UNESCO, Selasa (4/8/2020), hingga Senin (3/8/2020), lebih dari satu miliar peserta didik di dunia yang mengalami imbas dari penutupan sekolah-sekolah di berbagai negara.

Artinya, ada sekitar 60,5 persen pelajar di dunia yang terdampak. 

Hingga kini, setidaknya 105 negara masih memberlakukan penutupan penuh sekolah-sekolahnya.

Baca juga: Berikut Syarat Pembukaan Kembali Sekolah di Tengah Pandemi

Adapun menurut data yang dikumpulkan UNESCO, setidaknya ada 29 negara yang masih atau telah membuka kembali sekolah-sekolahnya. Berikut ini daftarnya:

1. Jepang
2. Australia
3. Selandia Baru
4. Papua Nugini
5. Korea Utara
6. Korea Selatan
7. Vietnam
8. Laos
9. Timor Leste
10. Turkmenistan
11. Israel
12. Siprus
13. Botswana
14. Burundi
15. Niger
16. Belarus
17. Kroasia
18. Perancis
19. Austria
20. Swiss
21. Estonia
22. Swedia
23. Denmark
24. Norwegia
25. Uruguay
26. Ekuador
27. Nikaragua
28. Islandia
29. Greenland

Jepang

Sekolah di Jepang kadang memiliki aturan ketat bagi siswanya dalam berpenampilan, salah satunya rambut yang wajib berwarna hitam.Kazuhiro Nogi / AFP Sekolah di Jepang kadang memiliki aturan ketat bagi siswanya dalam berpenampilan, salah satunya rambut yang wajib berwarna hitam.

Melansir laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi (MEXT) Jepang, hingga 25 Mei lalu, status darurat di Jepang masih dicabut sejak pertama kali diumumkan pada 7 April.

Di Jepang, sebagian besar sekolah yang sebelumnya ditutup sementara telah mulai dibuka sejak 1 Juni.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X