Saat Dokter Filipina Mengaku Kalah Melawan Virus Corona...

Kompas.com - 04/08/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Filipina kini menjadi negara berikutnya di Asia yang memiliki kasus virus corona melebih angka 100.000 pada Minggu (2/7/2020).

Presiden Rodrigo Duterte melonggarkan penguncian sejak 1 Juni setelah mengalami penyusutan ekonomi pada kuartal pertama dan menjadi yang terburuk dalam lebih dari dua dekade terakhir.

Setelah pusat perbelanjaan dan tempat kerja dibuka kembali dan angkutan umum diizinkan secara terbatas, infeksi melonjak tajam dengan meningkatnya pengujian.

Lebih dari 50.000 infeksi dilaporkan dalam waktu kurang dari empat minggu.

Sejumlah rumah sakit mulai memperingatkan bahwa bangsal virus corona mereka dalam kondisi kritis, seperti yang terjadi pada April 2020 lalu.

Baca juga: Update Virus Corona di Dunia 26 Juli: 16,1 Juta Orang Terinfeksi | Ribuan Warga Filipina Berdesakan di Stadion

Dikutip dari ABC News, Minggu (2/8/2020), dua rumah sakit pemerintah terbesar di Kota Manila ditutup setelah petugas medis terinfeksi.

"Petugas kesehatan kami kelelahan dengan jumlah pasien yang tampaknya tak berujung dan terus berdatangan ke rumah sakit kami," kata Ketua Asosiasi Dokter Filipina Jose Santiago dalam surat terbukanya kepada Duterte.

"Kami kalah dalam pertarungan melawan Covid-19 dan kami perlu menyusun rencana aksi yang terkonsolidasi dan pasti," sambungnya.

Minta penguncian kembali

Mereka memohon kepada presiden untuk memberlakukan kembali penguncian, sehingga memberi waktu istirahat kepada petugas kesehatan.

Menurut mereka, pelonggaran memicu salah persepsi publik bahwa pandemi virus corona di Filipina semakin membaik.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X