[POPULER TREN] Kontroversi Klaim Obat Covid-19 Hadi Pranoto | Ganjil Genap Berlaku Lagi

Kompas.com - 03/08/2020, 05:11 WIB
Kontroversi soal klaim obat Covid-19 Hadi Pranoto. Ini berita populer Tren. ShutterstockKontroversi soal klaim obat Covid-19 Hadi Pranoto. Ini berita populer Tren.

JAKARTA, KOMPAS.com - Video Youtube di kanal milik musisi Anji menuai kontroversi. Dalam video itu, Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang disebutnya sebagai profesor.

Hadi Pranoto mengklaim bahwa ia telah menemukan obat Covid-19 yang telah menyembuhkan ribuan pasien.

Klaim ini pun menuai kontroversi. Kementerian Kesehatan mengingatkan agar tak melakukan klaim yang belum terbukti karena menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Selain berita seputar klaim obat Covid-19 Hadi Pranoto ini, berita lainnya yang diikuti pembaca soal mulai berlakunya kembali kebijakan ganjil genap di Jakarta.

Selengkapnya, berikut beberapa berita populer Tren:

1. Klaim Hadi Pranoto dianggap pembodohan

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Achmad Yurianto memakai batik bermotif virus saat memberikan informasi perkembangan data harian Covid-19 di Graha BNPB pertengahan April 2020 lalu. Dokumentasi BNPB Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Achmad Yurianto memakai batik bermotif virus saat memberikan informasi perkembangan data harian Covid-19 di Graha BNPB pertengahan April 2020 lalu.
Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan yang pernah menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, menganggap klaim yang dilakukan Hadi Pranoto sebagai pembodohan.

"Tidak usah ngeyel, saya enggak akan menanggapi hal-hal tidak jelas seperti itu, ini sudah pembodohan namanya," kata Yuri, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/8/2020).

Menurut Yuri, klaim dalam video tersebut tidak pernah menjelaskan bagaimana obat herbal yang diklaim ampuh untuk Covid-19.

Yuri mengingatkan bahwa klaim-klaim seperti ini menimbulkan kepanikan masyarakat.

Simak selengkapnya pada berita ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X