Logo 'Bangga Buatan Indonesia' Wajib Digunakan Bersama HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

Kompas.com - 02/08/2020, 15:35 WIB
Logo HUT RI ke-75 resmi diluncurkan Kemensetneg 15 Januari 2020 Website Kementerian Sekretariat Negara setneg.go.idLogo HUT RI ke-75 resmi diluncurkan Kemensetneg 15 Januari 2020

KOMPAS.com – Penggunaan logo hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 penggunaannya wajib dipakai bersamaan dengan logo “Bangga Buatan Indonesia”.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kementerian Sekretariat Negara melalui Surat Edaran nomor B-456/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 yang ditandatangani Menteri Sekretaris Negara, Pratikno tanggal 23 Juni 2020.

"Betul (wajib) satu paket campaignnya. Dijelaskan juga di SE Mensesneg," ujar Pranata Humas Ahli Pertama Kemensetneg Bayu Gialucca Vialli saat dikonfirmasi Kompas.com Minggu (2/8/2020).

Dalam edaran tersebut menyampaikan penyempurnan penggunaan tema dan logo untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Penyempurnaan dimaksud adalah penambahan logo Bangga Buatan lndonesia, untuk digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020,” ujar Pratikno dalam edaran tersebut.

Baca juga: Bertema Indonesia Maju, Logo Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Resmi Diluncurkan

Makna 75

Meskipun terlihat sederhana dan simpel, namun ternyata terkandung makna yang dalam dalam logo tersebut. 

Dijelaskan dalam edaran tersebut, angka 7 dan 5 pada logo kemerdekaan ke-75 ini memiliki sejumlah makna.

Elemen atas angka 7 yang berupa garis lurus melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang ekual bagi seluruh individu.

Adapun elemen badan angka 7 yang bukan merupakan garis lurus menunjukkan progres kerja yang dinamis yang akan mencapai hasil optimal.

Sedangkan elemen badan angka 5 yang menyerupai lingkaran hampir sempurna melambangkan progres yang terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki dan mengejar target.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X