[HOAKS] Jus Jahe dan Lada Hitam Jadi Obat Rumahan untuk Covid-19

Kompas.com - 02/08/2020, 14:54 WIB
Tangkapan layar pesan berisi informasi mengenai lada hitam dan jus jahe yang diklaim dapat sembuhkan Covid-19. Facebook: Amitava GonTangkapan layar pesan berisi informasi mengenai lada hitam dan jus jahe yang diklaim dapat sembuhkan Covid-19.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah pesan yang memuat informasi obat rumahan berbahan jus jahe dan lada hitam yang diklaim dapat mengobati Covid-19 beredar di media sosial pada 12 Juli 2020.

Pesan tersebut juga menyebutkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyetujui obat rumahan tersebut.

Informasi ini dibantah WHO. WHO tidak pernah menyetujui ramuan tersebut untuk mengobati pasien Covid-19.

Informasi ini dipastikan hoaks. 

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, foto tangkapan layar yang berisi pesan efektivitas obat rumahan itu diunggah oleh akun Facebook bernama Amitava Gon pada 12 Juli 2020.

Dalam pesan itu disebutkan, seorang mahasiswa India dari Universitas Pondicherry, Ramu, telah menemukan obat rumahan untuk Covid-19.

Adapun ramuan tersebut berbahan 1 sendok makan bubuk lada hitam, 2 sendok makan madu, dan jus jahe.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi ramuan tersebut selama 5 hari berturut-turut maka akan menekan efek virus corona dan perlahan akan sembuh 100 persen.

Berikut informasi yang beredar:

"Finally a INDIAN student from PONDICHERRY university, named RAMU found a home remedy cure for Covid-19 which is for the very first time accepted by WHO.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X