Update Haji 2020: Disinfeksi Masjidil Haram Gunakan 54.000 Liter Disinfektan Setiap Hari

Kompas.com - 02/08/2020, 13:49 WIB
Pelaksanaan ibadah haji 2020 yang tetap menjaga sosial distancing. Dilaporkan hingga saat ini belum ada laporan jamaah terinfeksi virus corona Twitter/@HaramainInfoPelaksanaan ibadah haji 2020 yang tetap menjaga sosial distancing. Dilaporkan hingga saat ini belum ada laporan jamaah terinfeksi virus corona

KOMPAS.com - Otoritas di Kota Mekah menggunakan 54.000 liter cairan disinfektan setiap hari untuk membersihkan Masjidil Haram selama musim haji tahun ini.

Mengutip Al Arabiya English, Sabtu (1/8/2020), langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan situs suci umat Islam itu, termasuk di kalangan jemaah.

Presidensi Umum Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi mengatakan, operasi pembersihan dilakukan oleh 3.500 pekerja selama beberapa hari terakhir.

Mereka melakukan pembersihan di halaman dalam dan luar Masjid al-Haram hingga 10 kali dalam sehari.

Para petugas menggunakan setidaknya 95 peralatan modern dalam proses pembersihan masjid yang menjadi lokasi kiblat umat Islam tersebut.

"Digunakan juga sekitar 2.400 liter hand sanitizer, termasuk 1.500 liter untuk permukaan, dan 900 liter sebagai pembersih manual," demikian sebuah pernyataan dari pihak berwenang.

Masih dari sumber yang sama, ibadah haji pada tahun ini dikurangi menjadi 10.000 jemaah.

Mereka semua terdiri atas warga negara asing (WNA) dan warga negara Arab Saudi yang sedang tinggal di dalam kerajaan itu.

Pengurangan jumlah jemaah itu terjadi karena pandemi Covid-19.

Baca juga: WHO Puji Arab Saudi Sukses Gelar Haji di Tengah Pandemi Corona

2.050 orang ditangkap

Dalam foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi ini, sejumlah jemaah haji berdoa dalam ritual pertama haji, karena mereka menjaga jarak sosial untuk membatasi paparan dan potensi transmisi virus corona, di Masjidil Haram di kota suci Muslim di kota itu. Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020.AP Dalam foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi ini, sejumlah jemaah haji berdoa dalam ritual pertama haji, karena mereka menjaga jarak sosial untuk membatasi paparan dan potensi transmisi virus corona, di Masjidil Haram di kota suci Muslim di kota itu. Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020.

Halaman:

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X