10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics

Kompas.com - 01/08/2020, 16:32 WIB
Tangkapan layar peringkat universitas terbaik versi Webometrics. http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia Tangkapan layar peringkat universitas terbaik versi Webometrics.

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia, Webometrics kembali mempublikasikan hasil penilaiannya soal perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia 2020.

Dalam sistem pemeringkatan yang dilakukan, Webometrics menggunakan empat indikator penilaian, yakni Presence, Visibility, Tranparency (or Openness) dan Excellence (or Scholar).

Komponen Presence dinilai dari jumlah halaman domain web utama sebuah institusi dengan bobot 5 persen.

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics

Lalu komponen Visibiilty dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman institusi dengan alokasi pembobotan sebesar 50 persen.

Yang ketiga, komponen Tranparency (or Openness) dinilai dari berapa banyak kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot sebesar 10 persen.

Dan terakhir adalah komponen Excellence dinilai dari jumlah makalah diantara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip selama periode lima tahun (2013-2017).

Semua hasil penilaian itu akan diakumulasikan kemudian diperbandingkan dengan ribuan universias di berbagai negara, baik negeri maupun swasta.

Baca juga: Vaksin Corona dari Oxford Dinilai Aman, Dijanjikan Siap pada September

Dalam hasil penilaian Webometrics edisi Juli 2020, berikut ini 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, tentunya versi Webometrics.

1. Telkom University (Tel-U)

Telkom Universityfdesigned Telkom University

Di peringkat pertama ada Telkom University (Tel-U). Universitas yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom ini terletak di Bandung, Jawa Barat.

Dinobatkan menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia oleh Webometrics ternyata bukan kali pertama didapatkan oleh Tel-U, sebagaimana dikutip dari laman resmi Telkom University.

Sebelumnya, universitas yang dibuka sejak 2013 ini telah dinyatakan menjadi yang terbaik di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) di tahun 2019.

Untuk tingkat nasional, Tel-U menempati urutan ke-5 dan dunia ada di peringkat 1.435.

Baca juga: Ramai soal Pesan Bantuan Kuota Data 50 GB untuk Mahasiwa Telkom University, Ini Penjelasannya

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Presiden Joko Widodo saat membuka acara Konvensi Nasional Indonesia Berkajuan di Auditorium Universitas Muhammadiyah YogyakartaKOMPAS.com / Wijaya Kusuma Presiden Joko Widodo saat membuka acara Konvensi Nasional Indonesia Berkajuan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia untuk peringkat kedua adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Jika disejajarkan dengan perguruan tinggi negeri nasional, UMY ada di posisi ke 11, sedangkan secara global menempati urutan ke 1.906.

UMY sudah memiliki sejarah panjang sejak pertama kali didirikan pada 1 Maret 1981.

Peringkat kedua yang diberikan oleh Webometrics kali ini cukup berbeda dengan hasil yang didapatkan UMY setahun sebelumnya.

Pasalnya pada 2019, berdasarkan penilaian Kemenristekdikti, UMY ada di posisi ke-9 sebagai PTS terbaik se-Indonesia.

Baca juga: Ramai Pesepeda di Perempatan Tugu Yogyakarta, Bagaimana Penjelasannya?

3. Universitas Bina Nusantara (Ubinus)

Lebih dari 12.000 Mahasiswa baru Universitas Bina Nusantara (Binus) resmi dilantik dan bergabung dalam komunitas Binusian. Acara diadakan serentak pada 14 September 2019 di tiga kampus yaitu Binus Alam Sutera, Binus Bandung, serta Binus Malang.DOK. BINUS UNIVERSITY Lebih dari 12.000 Mahasiswa baru Universitas Bina Nusantara (Binus) resmi dilantik dan bergabung dalam komunitas Binusian. Acara diadakan serentak pada 14 September 2019 di tiga kampus yaitu Binus Alam Sutera, Binus Bandung, serta Binus Malang.

Posisi ke-3 ditempati oleh Universitas Bina Nusantara (Ubinus) yang terletak di Jakarta Barat.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X