Panduan Lengkap Ahli Gizi soal Makan Daging Kurban

Kompas.com - 31/07/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi makan daging SuperanryIlustrasi makan daging

KOMPAS.com - Perayaan Hari Raya Idul Adha identik dengan daging kurban. Usai menjalankan shalat Id, umat Islam akan menyembelih hewan kurban.

Selain sapi, lazimnya hewan yang dijadikan kurban di Indonesia yakni kambing.

Lantas, adakah batasan mengonsumsi daging per harinya?

Ahli Gizi UGM Lily Arsanti Lestari menjelaskan batasan konsumsi daging menurut aturan di Amerika (Recommended Daily Allowance) untuk red meat/beef sekitar 3 porsi daging atau 350-500 gram per minggu.

Baca juga: Berikut Bahaya Konsumsi Daging Babi Menurut Para Ahli Gizi

Lalu, jika dikonversi harian sekitar 50-70 gram per hari.

"Untuk penyeimbang sebaiknya mengkonsumsi sayur atau buah yang tinggi serat dan antioksidan agar mengurangi efek lemak dan kolesterol yang tinggi pada daging," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, ada banyak contoh makanan yang mengandung serat dan antioksidan.

"Semua buah dan sayur mengandung serat dan antioksidan," katanya lagi.

Baca juga: 3 Manfaat Utama Buah bagi Tubuh Manusia

Lalu bagaimana cara mengonsumsinya?

Menurut Lily masakan daging dan sayuran bisa terpisah. Misalnya rendang dan rebusan daun singkong, bayam, atau kacang panjang.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X