Benarkah Jawa Timur Sudah Melewati Puncak Pandemi Covid-19?

Kompas.com - 30/07/2020, 19:55 WIB
Khofifah meminta kuota harian APD di pabrik Putrateja menangani Covid-19 KOMPAS.com/A. FaisolKhofifah meminta kuota harian APD di pabrik Putrateja menangani Covid-19

KOMPAS.com - Angka kasus infeksi di Jawa Timur saat ini sedang mengalami penurunan dibandingkan beberapa waktu sebelumnya.

Dengan penurunan ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengklaim daerahnya telah melewati puncak pandemi Covid-19.

"Jatim terlihat mencapai puncak kasus di minggu kedua Juli, namun selanjutnya konsisten menurun hingga minggu ketiga dengan penurunan kasus baru sebanyak 33, 4 persen," kata Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (28/7/2020).

Menurut dia, penurunan kasus itu dibarengi dengan meningkatnya persentasi pasien Covid-19 yang sembuh di Jawa Timur dan melebihi rata-rata nasional.

Khofifah berharap Jawa Timur tidak mengalami gelombang kedua virus corona dan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Khofifah: Puncak Pandemi Covid-19 di Jatim Sudah Dilewati, Sekarang PR Turunkan Kematian 

Data terakhir kasus di Jawa Timur, hingga Kamis (30/7/2020), tercatat 21.772 kasus. Dari angka itu, sebanyak 1.677 meninggal dunia, dan 14.064 orang sembuh.

Benarkah kasus virus corona di Jatim telah melewati puncaknya?

Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo menganggap klaim Khofifah tersebut wajar.

Sebab, klaim tersebut berdasarkan laporan kasus yang diumumkan setiap hari.

"Mungkin Bu Gubernur ini melihatnya dari kasus harian yang diumumkan setiap hari. Memang kalau melihatnya dari situ, ya sepertinya beberapa hari yang lalu sudah puncak dan sudah turun," kata Windhu kepada Kompas.com, Kamis (30/7/2020).

Akan tetapi, Windhu mengatakan, puncak pandemi Covid-19 hanya bisa diketahui melalui kurva epidemiologi, bukan laporan kasus harian.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X