Kompas.com - 30/07/2020, 12:59 WIB
Wisatawan domestik di Vietnam berkunjung ke Ancient Town, Hoi An. SCMP / PATRICK SCOTTWisatawan domestik di Vietnam berkunjung ke Ancient Town, Hoi An.

KOMPAS.com - Vietnam tengah bersiap menghadapi peningkatan kasus virus corona setelah dilaporkan terjadinya infeksi di ibu kota, Hanoi, Ho Chi Minh City, dan wilayah Central Highlands.

Melansir The Guardian, Rabu (29/7/2020), Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phu memperingatkan bahwa setiap provinsi dan kota memiliki risikonya masing-masing.

Ia menyebut bahwa "gelombang baru" ini terlihat berbeda dengan yang terjadi di awal tahun.

Sebelumnya, Vietnam banyak diapresiasi dan diakui atas responsnya terhadap pandemi corona.

Akhir minggu lalu, kasus lokal pertama baru kembali dilaporkan setelah lebih dari tiga bulan, yaitu pada seorang laki-laki di pusat kota Da Nang.

Pihak berwenang mengatakan bahwa infeksi terbaru melibatkan sebuah strain baru virus yang berasal dari luar negeri dan disebut terlihat lebih berbahaya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kasus-kasus baru

Sejauh ini, 30 kasus telah dideteksi di dalam dan sekitar Da Nang, sedangkan dua kasus lainnya dikonfirmasi di Ho Chi Minh City.

Sementara, Hanoi dan Central Highlands masing-masing melaporkan satu kasus.

Kasus-kasus baru ini menciptakan kekhawatiran bahwa puluhan ribu orang yang berlibur di kota pesisir Da Nang mungkin telah menyebarkan virus selama beberapa minggu terakhir.

"Kami harus bergerak lebih cepat dan agresif untuk mengendalikan wabah ini," kata pemerintah dalam siarannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X