Saat Sejumlah Negara Mulai Menghadapi Gelombang Kedua Virus Corona...

Kompas.com - 30/07/2020, 06:32 WIB
Warga di Melbourne harus mengenakan masker ketika keluar rumah untuk mencegah semakin banyaknya kasus baru Covid-19. ABC/Simon WinterWarga di Melbourne harus mengenakan masker ketika keluar rumah untuk mencegah semakin banyaknya kasus baru Covid-19.

KOMPAS.com - Pekan terakhir Juli menyajikan beragam cerita mengenai virus corona dari seluruh penjuru dunia.

Sejumlah negara yang sebelumnya telah sukses mengendalikan penyebaran Covid-19, kini tengah menghadapi gelombang kedua infeksi virus yang bermula di Kota Wuhan itu.

Bahkan, beberapa di antaranya berada dalam kewaspadaan tinggi setelah kemunculan kasus infeksi baru dalam beberapa hari terakhir.

Asia

Di China, infeksi-infeksi baru dalam jumlah kecil telah muncul dalam dua bulan terakhir.

Namun, pada Rabu (29/7/2020), Negeri Tirai Bambu itu melaporkan 101 kasus baru, laporan tertinggi sejak 3,5 bulan yang lalu.

Menurut laporan Komisi Kesehatan Nasional, dikutip dari Reuters, Rabu (29/7/2020), 89 di antara kasus baru itu berasal dari Xinjiang.

Kota industri Dalian, Provinsi Liaoning memiliki kasus baru tertinggi kedua setelah Xinjiang. Klaster baru di wilayah itu bahkan menyebar ke sembilan kota di lima provinsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi serupa juga dihadapi oleh Vietnam. Setelah tiga bulan tanpa kasus, negara berpenduduk 84 juta jiwa itu kini telah mencatat 80 kasus baru dan semuanya terkait dengan Kota Da Nang.

Awal pekan ini, Da Nang telah ditutup untuk wisatawan dan saat ini telah masuk ke tahap penguncian total, dikutip dari The Guardian, Rabu.

Kementerian Kesehatan juga melaporkan delapan transmisi lokal baru terkait dengan kasus di Da Nang, termasuk kasus di beberapa kota lain dan Hanoi.

Baca juga: Kasus Virus Corona di China Kembali Melonjak, Klaster Baru Menyebar ke 5 Provinsi...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X