Rangkaian Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi Covid-19 Telah Dimulai

Kompas.com - 30/07/2020, 06:05 WIB
Ratusan jemaah mengelilingi Kabah di Masjid al-Haram, dengan tetap menjaga jarak untuk melindungi diri mereka dari virus corona jelang ziarah haji di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020. AP PhotoRatusan jemaah mengelilingi Kabah di Masjid al-Haram, dengan tetap menjaga jarak untuk melindungi diri mereka dari virus corona jelang ziarah haji di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020.
Penulis Jihad Akbar
|

KOMPAS.com - Pelaksanaan ibadah haji 2020 di tengah pandemi virus corona telah dimulai pada Rabu (29/7/2020) atau 8 Zulhijah 1441 Hijriah.

Para jemaah haji telah berkumpul di Bukit Mina, Mekkah, untuk menjalani ibadah tarwiyah yang menjadi tanda dimulainya haji.

Sebelumnya, para jemaah telah melakukan tawaf atau mengelilingi Kabah tujuh kali dengan menerapkan jaga jarak. Mereka kemudian melanjutkan dengan Sa'i, yaitu berjalan atau berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwa.

Pelaksanaan haji kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah pandemi corona.

Ibadah haji yang biasanya dihadiri lebih dari 2 juta jemaah, tahun ini dibatasi menjadi hanya sekitar 1.000 jemaah.

Baca juga: Update Haji 2020: Selesai Tawaf, Jemaah Haji Lanjutkan Ibadah Sai

Para jemaah yang melaksanakan ibadah haji ini merupakan warga negara Arab Saudi dan ekspatriat dari berbagai negara yang tinggal di Arab Saudi.

Mereka akan menjalani rangkaian ibadah haji hingga 3 Agustus 2020 atau 13 Zulhijah 1441 Hijriah.

Diberitakan Arab News, Rabu (29/7/2020), 1.000 jemaah haji tersebut akan menghabiskan waktu di Mina untuk berdoa dan beribadah lainnya hingga matahari terbit pada Kamis (30/7/2020).

Selanjutnya, para jemaah akan melakukan perjalanan ke Arafah untuk melakukan wukuf sebagai penanda puncak ibadah haji.

Baca juga: Update Haji 2020: 1.000 Jemaah Tiba di Mina untuk Mulai Ibadah Haji

Kebijakan Arab Saudi

Pembatasan jumlah jemaah haji tahun ini merupakan keputusan yang diambil pemerintah Arab Saudi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X