Peneliti Temukan Sifat Virus Corona yang Dapat Kelabui Sistem Imun, Begini Cara Kerjanya

Kompas.com - 29/07/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi virus corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Virus corona penyebab Covid-19 merupakan jenis virus baru yang karakter dan sifatnya belum banyak diketahui oleh para ahli ataupun pihak medis.

Sejak kemunculannya akhir tahun 2019 lalu, virus ini terus dipelajari demi menemukan lebih banyak informasi sehingga bisa mengakhiri pandemi yang terjadi.

Termasuk untuk menemukan vaksin yang tepat segera ditemukan.

Temuan terbaru tentang virus yang disebut juga SARS-CoV-2 ini adalah bahwa patogen virus yang masuk ke dalam tubuh ternyata berkamuflase, sehingga sistem tubuh kita bisa terlambat merespons dan tidak segera mengeluarkan antibodi.

Melansir BGR, 25 Juli 2020, kemampuan kamuflase ini yang membuat virus corona begitu berbahaya bagi tubuh.

Ketika patogen virus, bakteri, atau mikroorganisme masuk ke dalam tubuh seseorang, pada umumnya sistem imun akan merespons dan memberi sinyal untuk melawan dan menghancurkan benda asing tersebut.

Hal yang sama terjadi ketika virus corona masuk ke dalam tubuh seseorang.

Baca juga: Penjelasan Para Ilmuwan soal Sifat Virus Corona dan Penyebarannya yang Ekstrem

Pada orang dengan sistem imun yang baik, maka infeksi virus ini hanya akan menimbulkan gejala ringan bahkan tanpa gejala, karena respons cepat yang ditunjukkan.

Sebaliknya, pada orang dengan sistem imun yang rendah virus ini dapat menyebabkan infeksi yang parah. Mengapa?

Salah satunya karena virus dapat berkembang dengan mudah di dalam paru-paru dan bisa memicu terjadinya beragam komplikasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X