[HOAKS] Minum Air Es, Makan Timun, dan Keramas Saat Haid Sebabkan Kanker Rahim

Kompas.com - 29/07/2020, 10:09 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah informasi yang menyebutkan bahwa wanita saat sedang menstruasi dilarang minum air es, air soda, dan kelapa sampai dilarang makan mentimun karena dapat menyebabkan kanker rahim beredar luas di media sosial Facebook.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook Nhita Nhita pada Jumat (24/4/2020).

Dokter Pendamping Pasien Kanker RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat, dr Maria Shanty menegaskan bahwa narasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Hal senada juga diungkapkan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah dan RSCM, dr. Fitriyadi Kusuma.

Melakukan beberapa hal di atas saat menstruasi ditegaskan tidak menyebabkan kanker rahim.

Baca juga: [HOAKS] Unggahan soal Indomie Miliki Rasa Saksang Babi

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, unggahan mengenai hal tersebut dibagikan salah satunya oleh akun Facebook Nhita Nhita pada Jumat (24/4/2020).

Berikut narasi keseluruhan dari unggahan tersebut:

"Berhati-hati lah :
#PARA_WANITA_SEDANG_DATANG_HAID

Share untuk para wanita (Bila pria yang menerima tolong di teruskan ke wanita), jika wanita sedang HAID maka sekali-kali jangan lakukan 4 hal ini :

1. Jangan minum air es, air soda dan kelapa saat haid...

2. Jangan keramas pada saat sedang haid, karena pori-pori di kepala terbuka, bisa menyebabkan sakit kepala (kena angin kepala), sangat berbahaya, efek ini bisa di rasakan saat muda dan saat tua nanti...

Baca juga: Viral, Foto Bumbu Indomie Goreng Ada 2 Macam, Ini Penjelasan Indofood

3. Jangan makan mentimun saat sedang haid, karena getah yang ada pada mentimun bisa menyebab kan haid tersisa di dinding rahim...

4. Selain itu saat sedang haid, tubuh tidak boleh terbentur, terjatuh dan terpukul oleh benda-benda keras terutama bagian perut, karena bisa menyebab kan muntah darah, rahim bisa terluka...

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X