Mengenal Ikan Elang atau Tiger Fish yang Diburu karena Harga Jual Tinggi

Kompas.com - 28/07/2020, 10:50 WIB
Ikan elang atau Tiger Barb Fish. Ikan hias ini sedang gencar diburu, karena harga jualnya yang menggiurkan. ShutterstockIkan elang atau Tiger Barb Fish. Ikan hias ini sedang gencar diburu, karena harga jualnya yang menggiurkan.

KOMPAS.com - Ikan elang atau kadang disebut juga tiger fish, saat ini gencar diburu oleh warga Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pasalnya, ikan elang atau tiger fish, merupakan jenis ikan hias yang memiliki harga jual cukup tinggi, terutama jika memiliki warna dan corak sisik yang sempurna.

Melansir Antara, Selasa (28/7/2020) ikan elang dijual dengan harga Rp 25.000 untuk ukuran 1 cm. Jika ukurannya mencapai 10 cm, maka harganya Rp 250.000.

Harga tersebut bisa lebih tinggi lagi jika ikan yang dijual memiliki corak atau bentuk yang bagus, tidak kurang dari Rp 1 juta.

Bahkan, ada yang pernah menjual ikan elang sebesar 15 cm dengan harga Rp 25 juta.

Sebagian besar pembeli ikan ini berasal dari Jakarta, dan akan diekspor lagi ke Vietnam.

Selain mengetahui harga jualnya yang menakjubkan, tentu tidak lengkap bila tidak mengenal seluk-beluk ikan elang.

Baca juga: Apakah Ikan Pernah Tidur?

Berikut profil ikan elang atau tiger fish, dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (28/7/2020).

Asli Nusantara

Ikan elang atau tiger fish atau tiger barb fish adalah ikan asli Nusantara.

Ikan ini bisa ditemukan di Pulau Kalimantan, Semenanjung Malaya, Thailand, dan juga Pulau Sumatera.

Selain itu, ikan ini juga dibudidayakan di Singapura, Australia, Amerika Serikat, dan Kolombia.

Di habitat asli mereka, ikan-ikan ini mendiami sungai yang tenang dengan naungan jajaran pohon, dan anak-anak sungai yang dilapisi pasir, batu, dan tumbuh-tumbuhan lebat.

Tiger fish memakan serangga, alga, dan invertebrata. Ikan ini juga menyukai air jernih dengan kadar oksigen tinggi.

Ikan elang memiliki warna oranye dengan corak loreng berwarna hitam di tubuhnya. Itulah sebabnya ikan ini disebut juga tiger fish atau tiger barb fish, yang berarti ikan harimau atau ikan loreng harimau.

Tidak hanya oranye, ada pula ikan elang dengan sirip berwarna merah. Dalam beberapa tahun terakhir, pengembangbiakan selektif telah menciptakan beberapa variasi warna yang meliputi hijau, hitam, merah, dan albino.

Ikan elang bereproduksi dengan cara bertelur. Ketika dewasa, tubuh mereka bisa mencapai panjang 7-15 cm dan bisa bertahan hidup sampai usia enam tahun.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X