Siapa Jeanne Baret, Sosok yang Dijadikan Tema Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 27/07/2020, 16:45 WIB
Google Doodle merayakan ulang tahun ke-280 Jeanne Baret. GoogleGoogle Doodle merayakan ulang tahun ke-280 Jeanne Baret.

KOMPAS.com - Google Doodle hari ini, 27 Juli 2020, merayakan ulang tahun ke-280 ahli botani dan pejelajah dunia Jeanne Baret.

Melansir devdiscourse, Jeanne diakui sebagai wanita pertama yang menyelesaikan perjalanan menjelajahi dunia.

Lahir pada 27 Juli 1740 di desa La Comelle wilayah Burgundy di Perancis, Jeanne Baret merupakan seorang yang pernah ikut dalam ekspedisi kolonial Louis Antoine de Bouggainville di kapal La Boudeuse dan Etoile pada 1766-1769.

Tak ada yang tahu pasti mengenai masa kanak-kanak dan dewasa Jeanne. Disebutkan, ia telah yatim piatu dan kehilangan kekayaannya dalam tuntutan hukum sebelum menyamar sebagai seorang pria.

Melansir timebulletin.com, ibunya disebutkan meninggal 15 bulan setelah Jeanne lahir dan ayahnya meninggal saat ia berusia 15 tahun.

Salah satu misteri kehidupan Jeanne Baret adalah bagaimana dirinya memperoleh dasar pendidikan, karena tanda tangannya pada dokumen hukum memberikan bukti bahwa ia tidak buta huruf.

Baca juga: Sosok Oskar Fischinger, Animator di Zaman Hitler dalam Google Doodle

Jeanne Baret bergabung dengan ekspedisi dan menyamar sebagai seorang pria, menyebut dirinya Jean Baret.

Ia mendaftar sebagai pelayan dan asisten naturalis ekspedisi, Philibert Commerçon (Commerson dalam bahasa Inggris), tak lama sebelum kapal Bougainville berlayar dari Perancis.

Berkat pendidikan di pedesaan, Jeanne Baret menjadi mahir dalam mengidentifikasi tanaman dan mendapatkan pengakuan sebagai spesialis lokal dalam pengobatan tanaman.

Pada awal 1760-an, ia mulai bekerja untuk ahli botani terkenal Philibert Commerson.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X