Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Jeanne Baret, Sosok yang Dijadikan Tema Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 27/07/2020, 16:45 WIB
Mela Arnani,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Doodle hari ini, 27 Juli 2020, merayakan ulang tahun ke-280 ahli botani dan pejelajah dunia Jeanne Baret.

Melansir devdiscourse, Jeanne diakui sebagai wanita pertama yang menyelesaikan perjalanan menjelajahi dunia.

Lahir pada 27 Juli 1740 di desa La Comelle wilayah Burgundy di Perancis, Jeanne Baret merupakan seorang yang pernah ikut dalam ekspedisi kolonial Louis Antoine de Bouggainville di kapal La Boudeuse dan Etoile pada 1766-1769.

Tak ada yang tahu pasti mengenai masa kanak-kanak dan dewasa Jeanne. Disebutkan, ia telah yatim piatu dan kehilangan kekayaannya dalam tuntutan hukum sebelum menyamar sebagai seorang pria.

Melansir timebulletin.com, ibunya disebutkan meninggal 15 bulan setelah Jeanne lahir dan ayahnya meninggal saat ia berusia 15 tahun.

Salah satu misteri kehidupan Jeanne Baret adalah bagaimana dirinya memperoleh dasar pendidikan, karena tanda tangannya pada dokumen hukum memberikan bukti bahwa ia tidak buta huruf.

Baca juga: Sosok Oskar Fischinger, Animator di Zaman Hitler dalam Google Doodle

Jeanne Baret bergabung dengan ekspedisi dan menyamar sebagai seorang pria, menyebut dirinya Jean Baret.

Ia mendaftar sebagai pelayan dan asisten naturalis ekspedisi, Philibert Commerçon (Commerson dalam bahasa Inggris), tak lama sebelum kapal Bougainville berlayar dari Perancis.

Berkat pendidikan di pedesaan, Jeanne Baret menjadi mahir dalam mengidentifikasi tanaman dan mendapatkan pengakuan sebagai spesialis lokal dalam pengobatan tanaman.

Pada awal 1760-an, ia mulai bekerja untuk ahli botani terkenal Philibert Commerson.

Ketika Perancis mengorganisasikan penjelajahan dunia pertamanya pada tahun 1765, Commerson diundang sebagai ahli botani kelompok itu.

Hukum Perancis melarang perempuan berada kapal laut, jadi untuk melayani sebagai asistennya, Jeanne Baret berpakaian untuk tampil sebagai seorang pria.

Pasangan Baret dan Commerson ini mengumpulkan lebih dari 6.000 spesimen tanaman selama perjalanan.

Baca juga: Mengenal Google Doodle, Orat-oret Beranda Google yang Jadi Trending

Hari ini, banyak yang memuji Jeanne Baret sendiri karena penemuan anggur bugenvil Eropa yang sekarang terkenal sementara kru dihentikan di Brasil.

Digambarkan dalam karya seni doodle adalah pohon anggur bugenvil mekar, membungkus Jeanne Baret yang selalu ingin tahu di atas Étoile.

Akhirnya, anggota kru menemukan Jeanne Baret berpakaian sebagai seorang lelaki di Tahiti. Ia dan Commerson mengakhiri perjalanan mereka lebih awal di pulau Mauritius pada tahun 1768.

Jeanne Baret tetap di sana selama bertahun-tahun sebelum dia akhirnya kembali ke Perancis, yang menandai penyelesaian resmi dari navigasi keliling dunianya.

Pada 2012, Jeanne Baret akhirnya diberi kehormatan botani yang menghindarinya selama masa hidupnya, ketika sebuah tanaman yang baru ditemukan dari genus Solanum, yang meliputi kentang, tomat, dan terong, diberi nama spesies baretiae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com