Menyoal Proses Refund Tiket Pesawat via Pegipegi di Masa Pandemi Corona

Kompas.com - 25/07/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi pengembalian dana via smartphone Dok. PegiPegiIlustrasi pengembalian dana via smartphone

KOMPAS.com - Pandemi virus corona Covid-19 menyebabkan sejumlah kota dan negara menerapkan pembatasan wilayah hingga menyebabkan berbagai moda transportasi publik lumpuh.

Masyarakat pun lebih memilih untuk tinggal di rumah dibandingkan bepergian demi meminimalisir risiko penularan virus.

Oleh sebab itu, tidak sedikit masyarakat yang terpaksa membatalkan jadwal bepergiannya ke luar kota atau luar negeri yang sudah terlanjut mereka rencanakan sebelumnya.

Salah satunya membatalkan pesanan atau refund tiket pesawat dan penginapan melalui aplikasi penyedia layanan perjalanan seperti Pegipegi.

Belum dapat pengembalian

Sejumlah konsumen menyampaikan keluhan mengenai lamanya proses pengembalian dana yang dilakukan oleh penyedia layanan perjalanan tersebut. 

Mereka menyampaikan keluh kesahnya melalui Twitter. Salah satu yang menyampaikan hal ini adalah akun Twitter @aufarzat.

"Gua kira gua doang ternyata org lain banyak juga yang blm direfund. Gua dari 30maret udah nungguin refund tike sampe sekarang blm di refund... ," tulis @aufarzat dengan menyebut akun @ pegipegi.

Saat dihubungi melalui pesan langsung di Twitter, Aufar mengaku bahwa benar dirinya belum menerima dana hasil permohonan pengembalian tiket pesawat yang ia lakukan.

"Iya benar saya belum menerima uang refund sepeser pun. Bukti-bukti saya juga ada di email semuanya bahwa katanya refund itu sebulan doang, tapi nyatanya 3 bulan. Sedangkan sekarang sudah 3 bulan lebih belum di-refund juga," ujar Aufar, Selasa (21/7/2020).

Sebelumnya, Aufar memesaan dua penerbangan pergi-pulang pada bulan Maret, masing-masing untuk 2 penumpang, menggunakan maskapai Lion Air dan Air Asia.

Dalam pesan elektronik yang diterimanya dari pihak Pegipegi, dijelaskan bahwa proses pengembalian dana akan membutuhkan waktu paling cepat 30 hari sejak permohonan diterima.

Namun, karena tidak kunjung mendapat dana kembali dalam waktu yang dijanjikan, ia pun menghubungi Pegipegi via layanan WhatsApp.

Baca juga: [POPULER TRAVEL] APD Awak Kabin Garuda | Kisruh Refund Tiket Pesawat

Di sana ia mendapat jawaban bahwa  proses pengembalian dana paling cepat 30 hari, namun karena tingginya permintaan refund yang mencapai 10 kali lipat dari kondisi normal, perusahaan menyebut membuat antrean dan proses pengembalian menjadi lebih panjang.

"Bilang dari awal 30 hari doang, tapi ternyata enggak. Sudah lebih dari 3 bulan belum dikasih refund-nya," ujar Aufar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X