Gelombang Ketiga dan Lonjakan Paling Menakutkan Kasus Covid-19 di Hong Kong...

Kompas.com - 24/07/2020, 07:05 WIB
Suasana di salah satu stasiun di Hong Kong, Februari 2020. Shutterstock/YT HuiSuasana di salah satu stasiun di Hong Kong, Februari 2020.

KOMPAS.com - Hong Kong belakangan ini mengalami lonjakan kasus baru infeksi virus corona. Menurut temuan, 3 dari 10 infeksi tersebut berasal dari pekerja laut atau awak pesawat, sedangkan 1 dari 4 kasus Covid-19 berasal dari pembantu rumah tangga.

Dilansir dari SCMP, Selasa (21/7/2020), Hong Kong berperang dengan gelombang ketiga dari krisis kesehatan yang mengancam dan berlangsung di luar kendali.

Para dokter mengatakan, ada sejumlah kendala pada langkah-langkah perbatasan kota.

Baca juga: Vaksin Corona dari Oxford Dinilai Aman, Dijanjikan Siap pada September

Hal ini diperparah oleh respons pemerintah yang tertunda dan kepuasan publik, di mana kejadian ini menyebabkan wabah kembali merebak.

Jumlah infeksi harian di Hong Kong mencapai rekor tertinggi pada Minggu (19/7/2020), di mana jumlah kasus melampaui 100 dan melampaui puncak sebelumnya pada Maret selama gelombang kedua.

Total penghitungan saat ini untuk infeksi virus corona yakni sebanyak 1.958 kasus.

Baca juga: Pakar WHO: Jangan Berharap Vaksinasi Covid-19 Dapat Dilakukan Awal 2021

Munculnya gelombang ketiga

Gelombang ketiga muncul lebih dari dua minggu lalu atau sejak 5 Juli 2020, ketika seorang koki di sebuah restoran lokal dilaporkan terinfeksi.

Putaran terakhir kasus telah melibatkan rumah perawatan lansia, yang mengarah ke sekelompok 44 pasien yang terkait dengan Kong Tai Care untuk Aged Center Limited, serta distrik Tsz Wan Shan, yang sejauh ini mencatat lebih dari 150 infeksi.

Adapun fasilitas-fasilitas di rumah sakit umum kota juga telah diperluas mendekati titik darurat, dengan tingkat hunian tempat tidur dan bangsal isolasi masing-masing mencapai 71 dan 77 persen.

Sementara itu, sebanyak 1.450 unit berada di pusat karantina telah ditempati, dan saat ini slot yang tersedia sebanyak 196 unit.

Baca juga: Menilik Upaya Hong Kong Berjuang Melawan Gelombang Ketiga Covid-19

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X