Apa Saja yang Perlu Disiapkan Peserta Jelang SKB CPNS 2019?

Kompas.com - 21/07/2020, 12:50 WIB
Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surabaya bersiap sebelum mengerjakan soal di Gelanggang Remaja, Surabaya, Senin (10/2/2020). Tes CPNS yang diikuti 5.593 peserta itu berlangsung pada 9-13 Februari. Tes untuk mengisi 750 formasi kerja. KOMPAS/Bahana Patria GuptaPeserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surabaya bersiap sebelum mengerjakan soal di Gelanggang Remaja, Surabaya, Senin (10/2/2020). Tes CPNS yang diikuti 5.593 peserta itu berlangsung pada 9-13 Februari. Tes untuk mengisi 750 formasi kerja.

KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPAN-RB) mengungkapkan akan melaksanakan tahapan ketiga seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Berdasarkan unggahan di akun resmi Instagram KemenPAN-RB, @kemenpanrb, pemerintah akan menggelar SKB dengan CAT pada September-Oktober 2020 mendatang.

Baca juga: Siapa PNS Pertama di Indonesia?

Adapun pada rentang waktu tersebut, juga dilakukan SKB tambahan selain dengan CAT.

Kemudian, pada akhir Oktober rencananya pemerintah akan mengolah dan mengumumkan hasil seleksi.

"SKB rencananya akan digelar pada September-Oktober mendatang. Pastikan kalian mempersiapkan diri dengan baik dan memperhatikan ketentuan seleksi yang harus dipatuhi. Tidak lupa untuk selalu jaga pola hidup sehat dan terapkan protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah," tulis admin KemenPAN-RB dalam twitnya.

Baca juga: Minat Jadi ASN? Simak Jenis dan Alasan PNS Diberhentikan

Persiapan BKN jelang SKB CPNS 2019

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono menyampaikan, terkait pelaksanaan SKB CPNS 2019 pihaknya juga telah mempersiapkan sejumlah hal.

"Misalnya, kami melakukan penyiapan titik lokasi tes baik yang di BKN maupun titik lokasi mandiri sesuai dengan protokol kesehatan," ujar Paryono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Selain itu, Paryono menjelaskan bahwa BKN juga menerbitkan SOP pelaksanaan tes dengan CAT pada saat pandemi Covid-19.

Dalam penerapan SOP tersebut, BKN telah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

"Kami selalu koordinasi dengan Tim Gugus Tugas dan Pencegahan Covid-19 baik yang ada di pusat maupun di daerah-daerah, termasuk untuk pelaksanaan tes SKD Sekolah Kedinasan," katanya lagi.

Baca juga: Seluk Beluk dan Hal-hal yang Perlu Diketahui soal SKB CPNS

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X