Kasus Corona di Jateng Meningkat, Ganjar: Seperti Kita Menjala Ikan...

Kompas.com - 21/07/2020, 07:28 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai rapat percepatan penanganan Covid-19 di Gedung B lantai V Kantor Pemprov Jateng, Senin (20/7/2020). KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai rapat percepatan penanganan Covid-19 di Gedung B lantai V Kantor Pemprov Jateng, Senin (20/7/2020).

KOMPAS.com – Apabila mengamati grafik penambahan kasus virus corona di Jawa Tengah, maka terlihat adanya penambahan yang cukup signifikan akhir-akhir ini.

Awal bulan Juli misalnya, kasus terkonfirmasi positif ada sebanyak 2.991 kasus menurut data dari https://corona.jatengprov.go.id/data.

Namun setelah 19 hari, dari sumber yang sama, kasus terkonfirmasi positif di Jawa Tengah mencapai angka 7.322 kasus.

Tangkapan layar web https://corona.jatengprov.go.id/data 21 Juli 2020screenshoot Tangkapan layar web https://corona.jatengprov.go.id/data 21 Juli 2020

Jika sebelumnnya daerah yang banyak melaporkan adanya kasus konfirmasi harian adalah DKI Jakarta dan Jawa Timur, beberapa hari terakhir kasus harian di Jateng relatif cukup banyak. 

Pada peta sebaran kasus per provinsi di web Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 https://covid19.go.id/peta-sebaran, Jawa Tengah berada di provinsi nomor empat kasus terbanyak di Indonesia. 

Angka jumlah kasus pada laporan data provinsi dan gugus tugas terdapat perbedaan. 

Provinsi terbanyak pertama adalah Jawa Timur dengan 18.308 kasus, diikuti DKI Jakarta (16.538 kasus), Sulawesi Selatan (8,039), Jawa Tengah (6.932) dan Jawa Barat (5. 488 kasus). 

Baca juga: Lonjakan Kasus Corona Tinggi, Jateng Targetkan 4.991 Spesimen Tiap Hari

Tangkapan layar web https://covid19.go.id/peta-sebaran pada 21 Juli 2020screenshoot Tangkapan layar web https://covid19.go.id/peta-sebaran pada 21 Juli 2020

Transmisi lokal

Lantas mengapa jumlah kasus virus corona di Jawa Tengah mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa hari terakhir?

Untuk mengetahui kemungkinan penyebabnya, Kompas.com menghubungi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Ganjar menyampaikan beberapa alasan yang mempengaruhi kenaikan angka kasus virus corona di Jateng.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X