Kompas.com - 20/07/2020, 20:38 WIB
Ilustrasi tes corona dengan menggunakan metode swab atau usap untuk mengetahui seseorang terinfeksi Covid-19. Horth RasurIlustrasi tes corona dengan menggunakan metode swab atau usap untuk mengetahui seseorang terinfeksi Covid-19.

KOMPAS.com - Selain jumlah tes yang masih rendah, lamanya hasil pengujian Covid-19 di Indonesia juga menjadi sorotan banyak pihak.

Dalam catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) disebutkan, butuh waktu sekitar satu minggu untuk mendapat hasil pengujian virus corona di Indonesia.

Padahal, standar yang ditetapkan WHO terkait durasi pengujian adalah 24 sampai 48 jam.

Efektifitas Pelacakan kasus

Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman mengatakan, lamanya pengujian Covid-19 di Indonesia ini akan berdampak pada efektifitas program pelacakan kasus.

Padahal, pelacakan atau tracing berkontribusi besar dalam menghentikan laju penyebaran virus corona.

"Lebih dari tiga hari maka efektifitas program pelacakan kasus kontak dan kontribusi untuk menurunkan kecepatan penularan jadi minim dan tidak signifikan," kata Dicky kepada Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Menurut Dicky, hasil riset menunjukkan bahwa batas maksimal hasil tes Covid-19 adalah 3 hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dicky menyebut lamanya proses pengujian ini disebabkan oleh terbatasnya jumlah laboratorium, sumber daya manusia, dan utilitas mesin PCR yang masih kurang.

Dengan kondisi itu, penumpukan sampel pun tak bisa dihindarkan. Padahal, secara normal hasil pengujian bisa diketahui dalam 24 jam.

"Namun dengan banyaknya sampel tentu akan perlu waktu. Karena pemeriksaan PCR ini ada proses di mana memang perlu tangan manusia yang terampil sebelum masuk ke mesin," jelas dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.