Kompas.com - 20/07/2020, 10:08 WIB
Patung Bruce Lee di Madame Tussauds Museum, San Francisco, Oktober 2015. Shutterstock/Anton IvanovPatung Bruce Lee di Madame Tussauds Museum, San Francisco, Oktober 2015.

KOMPAS.com - Hari ini 47 tahun lalu, tepatnya 20 Juli 1973, aktor laga sekaligus pakar seni bela diri Bruce Lee meninggal dunia pada usia 32 tahun.

Bruce Lee meninggal dunia di Hong Kong karena diduga mengalami edema otak. Gangguan kesehatan ini muncul kemungkinan disebabkan reaksi terhadap obat penghilang rasa sakit.

Dalam kariernya yang terhitung singkat, Bruce Lee berhasil menapaki tangga ketenaran sebagai bintang laga Asia yang dikenang oleh penikmat film dunia.

Beberapa film terkenal yang ia bintangi antara lain Fists of Fury dan Enter the Dragon. Ia juga dikenal karena teknik beladirinya yang diberi nama Jeet Kune Do.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Mike Tyson Pekerjakan Donald Trump sebagai Penasihat

Belajar dari Master Yip Man

Melansir Biography, Bruce Lee lahir dengan nama asli Lee Jun Fan pada 27 November 1940, di San Francisco, California, pada jam dan tahun Naga.

Ayahnya, Lee Hoi Chuen, penyanyi opera Hong Kong, pindah bersama istrinya, Grace Ho, dan tiga anaknya ke Amerika Serikat pada tahun 1939.

Lee, anak keempat, lahir ketika Hoi Chuen sedang tur di San Francisco.

Nama "Bruce" didapatnya dari seorang perawat di rumah sakit tempat ia dilahirkan. Namun, keluarganya tidak pernah menggunakan nama itu selama Lee menjalani masa pra-sekolah.

Pada awal 1940-an, Lee dan keluarganya pindah kembali ke Hong Kong, yang saat itu masih diduduki oleh Jepang.

Saat masih remaja, ia sering diejek oleh siswa-siswa berkebangsaan Inggris di Hong Kong karena keturunan China. Hal itu membuatnya bergabung dengan geng jalanan.

Pada 1953, Lee mulai mengasah nafsu berkelahinya menjadi disiplin mempelajari kung fu di bawah pengawasan Master Yip Man.

Pada akhir 1959, Lee kembali ke AS untuk tinggal bersama teman-teman keluarganya di luar Seattle, Washington. Pada awalnya, ia mulai bekerja sebagai instruktur tari.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penembakan di McDonalds California, 21 Tewas dan 19 Luka-luka

Menjadi guru seni bela diri

Bruce Lee (kanan) saat membintangi serial televisi The Green Hornet sebagai Kato.WIKIPEDIA / ABC TELEVISION Bruce Lee (kanan) saat membintangi serial televisi The Green Hornet sebagai Kato.
Lee menyelesaikan sekolah menengahnya di Edison, Washington, dan kemudian mendaftar sebagai mahasiswa jurusan filsafat di Universitas Washington.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.