Astronot NASA yang Jalankan Misi SpaceX akan Pulang ke Bumi 2 Agustus 2020

Kompas.com - 18/07/2020, 19:27 WIB
Astronot NASA Bob Behnken (kiri) dan Doug Hurley berada di kapsul Roket SpaceX Crew Dragon di Kennedy Space Center di Florida, AS, menjelang peluncuran mereka, Jumat (30/5/2020) atau Sabtu (31/5/2020) waktu Indonesia. NASA meluncurkan dua astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari ini, yang merupakan peluncuran pertama astronot ke orbit oleh pihak swasta dan pesawat luar angkasa berawak pertama NASA dari AS dalam 9 tahun terakhir. AFP/STILL IMAGE FROM NASA TVAstronot NASA Bob Behnken (kiri) dan Doug Hurley berada di kapsul Roket SpaceX Crew Dragon di Kennedy Space Center di Florida, AS, menjelang peluncuran mereka, Jumat (30/5/2020) atau Sabtu (31/5/2020) waktu Indonesia. NASA meluncurkan dua astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari ini, yang merupakan peluncuran pertama astronot ke orbit oleh pihak swasta dan pesawat luar angkasa berawak pertama NASA dari AS dalam 9 tahun terakhir.

KOMPAS.com - Dua astronot NASA yang terbang ke Stasiun Antariksa Internasional ( ISS) pada Mei 2020 lalu dengan roket SpaceX, akan kembali ke Bumi pada 2 Agustus 2020 mendatang.

Kedua astronot tersebut yakni Robert Behnken dan Douglas Hurley.

Mengutip CNN, Jumat (17/7/2020), pengumuman mengenai kepulangan Robert dan Douglas disampaikan oleh Administrator NASA Jim Bridenstine.

Kendati telah direncanakan, waktu dan tanggal kepulangan dua astronot tersebut sangat bergantung pada cuaca.

Perjalanan Robert dan Douglas pada bulan Mei lalu tidak akan dianggap sukses sampai mereka kembali dengan selamat ke Bumi.

Semenatra perjalanan pulang tentu saja akan sama berbahayanya dengan perjalanan menuju ke orbit.

Jika cuaca memungkinkan, keduanya akan naik ke pesawat ruang angkasa Dragon Crew pada 1 Agustus dan menghabiskan satu hari secara perlahan-lahan turun menuju Bumi.

Hari berikutnya, kapsul itu akan "mengiris" kembali atmosfer Bumi yang tebal dan mengerahkan parasut untuk meredam pendaratan mereka di Lautan Atlantik.

Jika berhasil, roket milik SpaceX kapsul Dragon Crew dapat disertifikasi secara resmi untuk misi luar angkasa manusia.

Baca juga: Sabtu ini, NASA Siapkan Peluncuran 2 Astronot ke ISS dengan Roket SpaceX

Halaman:

Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X