Kompas.com - 18/07/2020, 11:46 WIB
Ilustrasi nonton film shutterstockIlustrasi nonton film

KOMPAS.com - Kiprah Jepang di industri film dunia sudah diakui. Kelasnya tak kalah dengan film-film buatan barat.

Terutama sejak film berjudul Rashomon yang disutradarai Akira Kurosawa menjuarai Golden Lion Award pada Festival Film Venesia 1951.

Meski telah tumbuh menjadi industri yang menguntungkan di negeri sendiri, namun berkat tangan dingin Kurosawa, dan dukungan Yasujiro Ozu, Kenji Mizoguchi, serta pihak-pihak terkait, minat dunia internasional terhadap film Jepang tidak surut hingga bertahun-tahun ke depan.

Hingga kini, Jepang secara konsisten terus menelurkan film-film blockbuster, indie, dan art house yang banyak diapresiasi. 

Sebagai teman di akhir pekan, berikut adalah 10 film Jepang terbaik di abad 21 versi SCMP

1. Battle Royale (2000)

Disutradarai oleh Kinji Fukusaku, film ini sukses mengadaptasi novel sci-fi karya Koushun Takami menjadi sebuah melodrama remaja yang digemari secara global.

Battle Royale berkisah tentang Tatsuya Fujiawara dan Chiaki Kuriyama, serta rombongan anak SMA yang ditempatkan di pulau terpencil untuk menjalani pertarungan hidup dan mati hingga hanya menyisakan satu orang terkuat yang bertahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


2. Pulse (2001)

Film yang disutradarai oleh Kiyoshi Kurosawa ini dinilai sebagai puncak dari genre horor Jepang, mengalahkan ketegangan dari film sejenis, seperti Ring dan Audition.

Pulse mengisahkan tentang sebuah website misterius yang akan mengundang kemunculan hantu bagi siapapun yang berani mengunjunginya.

Pujian bagi film ini juga diarahkan pada kemampuannya untuk mengartikulasikan kekhawatiran akan ancaman kemajuan teknologi, dan konsep nihilistik yang kental.

Baca juga: Nicholas Saputra Ceritakan Reaksi Teman SMA Saat Ia Main Film AADC

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X