Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diusung PDI-P, Bagaimana Peluang Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020?

Kompas.com - 18/07/2020, 07:07 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PDI Perjuangan resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Solo pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Keputusan itu dibacakan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dalam Pengumuman Tahapan II 45 Pasangan Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak, Jumat (17/7/2020).

Bagaimana peluang putra sulung Presiden Joko Widodo itu dalam kontestasi politik di Solo?

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Mada Sukmajati menilai, peluang Gibran-Teguh untuk memenangi Pilkada Solo 2020 sangat besar.

Apalagi, kata Mada, Kota Solo merupakan salah satu wilayah yang memiliki basis massa PDI-P cukup besar.

"Kalau bicara peluang, ya ada peluang untuk menang dan terpilih dalam Pilkada tahun 2020 ini," kata Mada saat dihubungi Kompas.com, Jumat(17/7/2020).

Menurut dia, dengan catatan, mesin PDI-P berjalan baik untuk Pilkada 2020.

Baca juga: Ini Alasan PDI-P Usung Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa di Pilkada Solo

Soliditas PDI-P di Jawa Tengah

Pencalonan Gibran sebagai Calon Wali Kota, sempat diwarnai dengan berbagai dinamika-dinamika.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Solo sempat mengajukan calon lain yakni Achmad Purnomo-Teguh Prakosa menjadi bakal calon wali kota dan wakil wali kota.

Sementara itu, Gibran juga mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jateng.

Akhirnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P memutuskan untuk mengusung Gibran sebagai calon wali kota dan Teguh Prakosa sebagai calon wakil wali kota.

Calon wali kota dan wakil wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso diusung oleh PDI-P pada Pilwakot Solo 2020 dalam konferensi pers di Kantor DPC PDI-P Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Calon wali kota dan wakil wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso diusung oleh PDI-P pada Pilwakot Solo 2020 dalam konferensi pers di Kantor DPC PDI-P Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020).

Mengenai riuhnya bursa calon Wali Kota Solo ini, menurut Mada, tak akan memengaruhi soliditas PDI-P di Jawa Tengah.

"Pengamatan saya, di Jawa Tengah akan tetap solid. Cuma, yang di DPC harus kita lihat lagi apakah bisa menerima. Tapi saya kira Pak Purnomo juga sudah legowo," ucap Mada.

Menurut Mada, DPP PDI-P memilih Gibran karena pertimbangan memunculkan ide baru, regeneasi baru, dan pengelolaan Kota Solo yang lebih segar.

Selain itu, pengusungan Gibran dinilainya tak lepas dari citra yang ingin dibangun PDI-P untuk menggaet anak muda dan menawarkan perubahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com