BMKG Sebut Gempa M 7,3 Papua Nugini Tak Pengaruhi Lempeng Lain

Kompas.com - 17/07/2020, 14:41 WIB
Ilustrasi gempa. ShutterstockIlustrasi gempa.

KOMPAS.com - Pada pagi hari ini, Jumat (17/7/2020) pukul 09.50 WIB, terpantau adanya gempa bumi tektonik berkekuatan M 7,3 yang mengguncang wilayah Papua Nugini.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter, gempa ini terjadi di 192 kilometer timur laut Port Moresby.

Meski berkekuatan cukup besar dan terjadi di kedalaman lautan, tepatnya 87 kilometer di bawah laut, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dalam keterangan tertulis yang diberikan oleh Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, sebelumnya guncangan ini terjadi disebabkan oleh adanya aktivitas subduksi lempeng di area yang disebut rumit karena terdapat sejumlah zona subduksi aktif dan purba yang menghunjam dari segala arah.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 7,3 Guncang Papua Nugini, Tektonik Area Cukup Rumit

Namun demikian, ia menyebut gempa akibat aktivitas pergerakan lempeng ini tidak akan memicu lempeng lain di sekitarnya untuk turut bergerak.

Termasuk lempeng-lempeng yang ada di sekitar wilayah Indonesia, yang jika itu terjadi bisa mengakibatkan gempa yang bisa dirasakan masyarakat di wilayah di sana.

Hal ini disampaikan Daryono saat dimintai keterangan lebih lanjut, Jumat (17/7/2020) siang.

"Tidak, tidak ada pengaruhnya bagi wilayah Indonesia," kata dia kepada Kompas.com

Dengan begitu, gempa yang terjadi pagi tadi dipastikan tidak akan berdampak apa pun ke wilayah Indonesia.

Pada saat terjadi, gempa tektonik ini juga hanya dirasakan di lokasi-lokasi yang masuk wilayah Papua Nugini.

Di antaranya Kokoda, Sangara, Popondetta, Gona, Buna, Eroro, Ondoro, Morobe, Eipa, Garaina, dan Kosipe.

Gempa ini jika dianalisis berdasarkan model tingkat guncangan (shakemap) memiliki skala intensitas VI-VII MMI yang berpotensi menimbulkan kerusakan.

Baca juga: Selatan Jawa Kembali Diguncang Gempa, BMKG Ingatkan Masyarakat Perlu Waspada


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X