Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Fosil Dinosaurus Berusia 115 Juta Tahun

Kompas.com - 16/07/2020, 07:30 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ratusan juta tahun lalu, sebelum manusia menjadi penguasa Bumi seperti hari-hari ini, ada makhluk super besar yang telah lebih dulu ada. Yaitu spesies dinosaurus

Namun karena sejumlah sebab, seperti teori jatuhnya asteroid, letusan gunung berapi, perubahan iklim serta tidak mampunya beradaptasi, menjadikan dinosaurus mengalami kepunahan. 

Namun para ahli meyakini keberadaan makhluk tersebut dari beberapa fosil yang banyak ditemukan.

Melansir DW, Jumat (10/7/2020), baru-baru ini tim peneliti asal Brasil mengumumkan telah menguak tentang fosil berusia 115 juta tahun dari spesies dinosaurus yang sebelumnya tidak diketahui.

Fosil ditemukan di timur laut negara ini, atau wilayah Ceará, wilayah bagian timur Brasil atau 2.300 km utara Rio de Janeiro. 

Dari hasil pendalaman yang mereka lakukan, diketahui fosil ini berasal dari masa yang lebih purba dari Tyranosaurus Rex (T-Rex).

Untuk mempermudah, hewan karnivora ini dinamai dengan Aratasaurus museunacionali. Binatang ini diperkirakan memiliki ukuran sedang.

Ahli paleontologi Juliana Sayao mengatakan hewan yang diketemukan fosilnya ini dimungkinkan mati saat masih muda. Meski begitu, di usianya yang masih muda ia ditaksir memiliki bobot 34,25 kg dengan tinggi mencapai 3,12 m.

Memahami sejarah evolusi

Masih menurut Sayao, temuan ini akan membantu para ilmuwan seperti dirinya dalam memahami sejarah evolusi theropoda karnivora.

Siapa leluhur Aratasaurus memang begitu gamblang diketahui, namun adanya temuan fosil ini bisa menunjukkan sejarah dinosaurus dari jaman purba.

"Aratasaurus menunjukkan pada masa lalu mereka mungkin hidup di timur laut Brasil dan di Amerika Selatan. Masih ada banyak hal yang perlu diungkap dalam teka-teki evolusi ini," ujar Sayao.

Penemuan ini juga menjadi tanda bahwa masih ada jenis dinosaurus lain yang menghuni Bumi jutaan tahun yang lalu.

Baca juga: Fakta Dinosaurus: Dinosaurus Terbesar Hingga Dinosaurus Terganas

Sementara itu, menurut Ahli Paleontologi Xin Cheng, binatang jenis ini merupakan keturunan dari Zuolong, Coelurosauria dari China

Aratasaurus masuk dalam kelompok Coelurosauria bersama dinosaurus lain yang ditemukan di wilayah yang sama, seperti Santanaraptor, Tyrannosaurus, dan Velociraptors.

Informasi beserta fosil temuan itu dipresentasikan pada Jumat (10/7/2020) oleh para ilmuwan dari Federal University of Pernambuco, National UFRJ Museum, dan Regional University of Cariri kepada Museum Nasional Rio de Janeiro.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com