Populasi Dunia Diprediksi Akan Menyusut Setelah 50 Tahun

Kompas.com - 15/07/2020, 21:12 WIB
Ilustrasi populasi dunia. SHUTTERSTOCKIlustrasi populasi dunia.

KOMPAS.com -  Populasi dunia diprediksi akan mencapai puncaknya pada tahun 2064, yaitu sebanyak 9,7 miliar. Kemudian, mengalami penurunan menjadi sekitar 8,8 miliar di akhir abad ini.

Prediksi tersebut merupakan hasil penelitian yang dipublikasikan di The Lancet, Selasa (14/7/2020).

Pada tahun 2100, sebanyak 183 dari 195 negara tidak akan memiliki tingkat kesuburan yang dibutuhkan untuk menjaga populasi saat ini, dengan proyeksi 2,1 kelahiran pada tiap perempuan.

Peneliti juga menyebut sebanyak 23 negara, termasuk Jepang, Thailand, Italia, dan Spanyol akan mengalami penyusutan populasi hingga lebih dari 50 persen.

Sedangkan populasi di Afrika sub-Sahara akan menjadi tiga kali lipat.

Selain itu, penelitian ini juga memprediksi penurunan yang cukup signifikan pada populasi usia kerja di negara-negara termasuk India dan China.

Kondisi ini akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi dan dapat menimbulkan dampak negatif bagi tenaga kerja dan sistem dukung sosial.

Baca juga: Sejarah Hari Populasi Dunia

Penyusutan populasi di akhir abad

Melansir CNN, 14 Juli 2020, permasalahan yang biasanya terjadi di dunia adalah tentang ledakan populasi. Kini, justru sebaliknya.

"Sejak tahun 1960-an, dunia fokus dengan terjadinya ledakan populasi. Tiba-tiba, saat ini, kita melihat titik balik dimana sangat jelas bahwa kita tengah beralih dengan cepat dari masalah terlalu banyak orang menjadi terlalu sedikit," kata Dr Christopher Murray, pemimpin penelitian ini.

Murray mengatakan bahwa tidak hanya populasi yang menyusut, tetapi masyarakat umumnya memiliki usia yang tua. Kondisi ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X