Hujan di Saat Musim Kemarau, Mengapa Bisa Terjadi?

Kompas.com - 15/07/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi hujan shutterstockIlustrasi hujan

KOMPAS.com - Beberapa akun media sosial mengunggah postingan mengenai turunnya hujan di wilayah mereka masing-masing.

Salah satunya yakni akun Twitter @Uyay31 yang menuliskan wilayah Jakarta diguyur hujan lebat meskipun sudah memasuki musim kemarau.

"Selamat pagi, Alhamdulillah hujan lebat dari semalam di timur Jakarta, yang katanya prakiraan Cuaca sudah memasuki kemarau,.pagi ini sejuk udaranyaaa," tulis akun itu.

Baca juga: Berikut Wilayah di Indonesia yang Berpotensi Alami Kekeringan Tingkat Waspada hingga Awas

Tak hanya akun tersebut, pemilik akun Twitter @blujbeery juga berkeluh kesah mengenai hujan yang selalu turun meski memasuki musim kemarau.

Namun tidak disebutkan di mana lokasi yang ia maksud.

" Hujan terus an**** padahal ini musim kemarau," tulis @blujberry.

Baca juga: Polemik Impor dan Anjloknya Harga Garam...

Baca juga: Apakah Gempa Selalu Diikuti Gempa Susulan? Ini Penjelasan BMKG

Penjelasan BMKG

Menanggapi adanya fenomena tersebut, Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media BMKG, Rini Endra Sari menyatakan, hujan yang terjadi di beberapa daerah saat musim kemarau adalah hal yang biasa.

Menurutnya, musim kemarau bahkan sudah di Indonesia sudah masuk sejak pada Juni 2020 lalu.

"Sudah masuk musim kemarau sejak awal Juni lalu, hujan di musim kemarau tidak dilarang artinya musim kemarau tidak berarti tidak ada hujan," kata Ririn saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Hujan pada musim kemarau, lanjutnya, dibentuk oleh dinamika cuaca yang terjadi saat itu, misalnya tingkat kelembapan udara yang cukup.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X