Lonjakan Kasus Virus Corona di Sejumlah Daerah, Perlukah PSBB Kembali Diterapkan?

Kompas.com - 14/07/2020, 20:44 WIB
Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia. KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.

KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Indonesia kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir, di antaranya adalah DKI Jakarta dan Solo Raya.

DKI Jakarta yang sempat mengalami penurunan kasus, tercatat tiga kali melaporkan kasus tertinggi dalam sepekan terakhir.

Kenaikan kasus itu terjadi pada Rabu (8/7/2020) sebanyak 344 kasus, Sabtu (11/7/2020) dengan 359 kasus baru, dan Minggu (12/7/2020) dengan 404 kasus.

Sementara itu, Kota Solo juga menyita perhatian serius dari pemerintah setelah adanya laporan 18 kasus baru dalam sehari pada Minggu (12/7/2020).

Dengan lonjakan kasus tersebut, perlukah pemberlakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)?

Baca juga: Jumlah Positif Covid-19 Bertambah, Bupati Sumedang Kaji PSBB Ulang

Pengawasan kurang ketat

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, pemberlakuan PSBB harus benar-benar dikalkulasi, dari segi ekonomi dan kasus Covid-19.

Menurutnya, PSBB tak harus dilakukan dengan skala provinsi, tapi bisa juga pada tingkat kelurahan atau kecamatan sesuai dengan peningkatan kasusnya.

"Jadi perlu dipertimbangan, baik dari ekonomi dan kasus. Kalau perkembangan kasus meningkat di kelurahan ya perlukan PSBB tingkat kelurahan atau kecamatan," kata Miko saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI itu menyebut, melonjaknya kasus di Jakarta dalam sepekan terakhir dimungkinkan karena pengawasan terhadap pasien suspek dan pasien tanpa gejala kurang ketat.

Menurut dia, lemahnya pengawasan itu membuat pasien-pasien tersebut bebas berkeliaran di kota sehingga berpotensi menularkan ke warga lain, khususnya di tempat-tempat ramai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X