Kompas.com - 14/07/2020, 16:19 WIB
Jangan Turunkan Masker ke Dagu! KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoJangan Turunkan Masker ke Dagu!

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat terus diingatkan untuk disiplin menggunakan masker. Terlebih lagi, pola penyebaran dan penularan virus corona kini bisa terjadi melalui berbagai cara.

Salah satu yang ditekankan adalah penggunaan masker dengan benar.

Ada beberapa kesalahan dalam penggunaan masker, di antaranya:

  • Masker terlalu longgar sehingga tak dapat melindungi secara efektif dari paparan virus. Virus bisa masuk melalui celah yang ada.
  • Lupa menutup bagian hidung atau hanya menutup bagian mulut. Cara penggunaan seperti ini menimbulkan risiko penularan penyakit karena hidung tidak tertutup. Hidung merupakan salah satu bagian yang harus selalu tertutup oleh masker. Apalagi virus SARS-CoV-2 diketahui menyerang pernapasan dan dapat disebarkan melalui udara.
  • Melepas dan memegang masker. Anda tidak seharusnya melepas masker sejenak saat masih berada di tempat umum. Mungkin terasa gerah, tetapi jika dilepas, ada kemungkinan kontaminasi pada mulut atau wajah dengan kuman yang telah menempel pada masker.

Beberapa hari lalu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengingatkan masyarakat untuk tidak menurunkan masker hingga ke dagu saat menggunakannya.

Baca juga: Pemerintah: Jangan Turunkan Masker ke Dagu, termasuk Saat Makan

Mengapa? Ada beberapa alasan mengapa hal ini tak dianjurkan.

Simak selengkapnya dalam infografik berikut ini!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jangan Turunkan Masker ke Dagu!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.